Puluhan Ribu E-KTP Belum Tercetak

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI (KRjogja.com) – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wonogiri, Drs Sungkono MM mengakui e-KTP di daerahnya yang belum tercetak saat ini mencapai sekitar 20 ribu lembar. Sementara, stok blanko E-KTP masih kosong.

"Kekurangan blanko dari pekan lalu sudah meningkat sekitar 3 ribu kartu," jelas Sungkono kepada KRjogja.com di ruang kerjanya, Selasa (08/11/2016).

Diakui, kekosongan banko e-KTP di Wonogiri terjadi sejak awal Oktober lalu, stok blangko e-KTP dari pemerintah pusat kosong. Akibatnya, pencetakan e-KTP di Wonogiri tidak bisa dilakukan karena alasan tersebut.

Diharapkan blangko e-KTP baru akan normal pada pekan kedua atau pekan ketiga November ini. Pemberian surat keterangan pengganti e-KTP pun masih dilakukan kepada warga yang telah melakukan rekam data namun kartunya belum  tercetak.

Dia memastikan surat keterangan pengganti e-KTP tersebut dapat difungsikan layaknya e-KTP pada umumnya. Hingga saat ini masih banyak kecamatan menerima warga yang ingin mendapatkan pelayanan pembuatan e-KTP.

Di Paranggupito misalnya, setiap harinya menerima warga yang ingin mengurus e-KTP. "Untuk rekam data, setiap hari masih ada 5 – 10 pemohon," kata Camat Paranggupito Haryanto SSos MM. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI