Puting Beliung Sapu Waduk Gajah Mungkur

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Angin puting beliung berdurasi 15 menit muncul di atas permukaan air Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Rabu (20/01/2021) petang. Beruntung fenomena badai waterspout itu tidak mencapai kawasan karamba apung maupun pemukiman penduduk sekitar sehingga tidak menimbulkan dampak kerusakan lingkungan atau korban jiwa dalam peristiwa ini.

”Angin puting beliung itu terlihat muncul di atas WGM Wonogiri. Ukurannya cukup besar dan berputar sekitar 10-15 menit,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Drs Bambang Haryanto MM.

Diungkapkan, badai atau puting beliung pertama terlihat sekitar pukul 15.30 WIB. Kali pertama angin terlihat di atas perairan sekitar Desa Sendang Kecamatan Wonogiri. Selanjutnya bergerak ke arah barat lantas ke selatan.

Setelah angin bergerak ke arah selatan, angin kemudian hilang. Jadi hanya muncul di atas perairan, tidak sampai ke daratan apalagi pemukiman warga. ”Kami tegaskan muncul di atas perairan, tidak sampai ke daratan,” tandas Kepala BPBD Wonogiri.

BERITA REKOMENDASI