Ratusan Alat Bantu Seks Selundupan dan Magazen Senpi Dimusnahkan

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Sebanyak 258 alat bantu seks (sex toys) selundupan dan satu juta rokok ilegal tanpa pita cukai serta minuman keras berbagai merek selundupan serta magazen senjata api (senpi) ilegal
di musnahkan dengan cara di bakar dan dihancurkan di halaman kantor Kantor Bea Cukai Surakarta, Jalan Adi Sucipto, Solo, Kamis (1/10).

Kepala Bea Cukai Surakarta Budi Santoso didampingi Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Surakarta Aris Baroto , Kamis (1/10) kepada wartawan mengatakan barang-barang yang dimusnahkan hari ini sebagian besar adalah Barang Kena Cukai (BKC) hasil tembakau (rokok) ilegal jumlahnya lebih dari satu juta batang, barang lainnya yang turut dimusnahkan adalah miras ilegal, cairan vape (HPTL EET) yang tidak dilekati pita cukai, benih tanaman, sex toys, obat, kondom, makanan, pakaian, anak panah, part senjata dan personal effect.

” Dalam pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) hari ini, total sebesar Rp 1.183.137.460,00 dengan potensi nilai cukai sebesar Rp. 600.861.339,00, sedangkan untuk pencegahan barang impor melalui Kantor Pos Lalu Bea Solo dan Bandara Adi Soemarmo, total nilai barang tersebut sebesar Rp. 103.720.000,00.” ujar Budi Santoso.

“Semua BMN tersebut telah mendapatkan persetujuan untuk dimusnahkan sesuai izin dari Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan izin dari Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta,” papar Kepala Bea Cukai Surakarta.
Proses pemusnahan barang-barang tersebut dilakukan dengan cara dibakar untuk barang seperti rokok, benih tanaman, sex toys, obat, kondom, makanan dan pakaian, dimusnahkan dengan dipecah untuk MMEA dan dilakukan perusakan untuk HPTL EET, anak panah, part senjata dan personal effect sehingga tidak dapat dipergunakan atau sudah tidak memiliki nilai ekonomis.

BERITA REKOMENDASI