Ratusan Paket Sembako Bantuan Puan Maharani Disebar di Sragen

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Ratusan warga pra sejahtera (miskin) di lima kecamatan Kabupaten Sragen diberi bantuan sembako Bhakti Sosial dari Ketua DPR RI Puan Maharani, Sabtu (21/08/2021). Bantuan diserahkan oleh kader-kader PDIP dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Sragen, Untung Wibowo Sukowati.

Ketua DPC PDIP Sragen, Untung Wibowo Sukowati atau akrab disapa Bowo di sela pembagian sembako mengatakan, kegiatan ini dalam rangka HUT ke 76 Kemerdekaan RI. Ketua DPR RI memberikan bantuan kepada warga miskin terdampak Covid 19 dan PPKM di Sragen yang berlangsung hampir dua bulan.

“Ini support full Ibu Puan Maharani, kami di DPC PDIP Sragen bertugas melakukan pembagian sembako. Tahap awal ada lima kecamatan hampir 300 sembako, dan bertahap akan diberikan merata ke 20 kecamatan,” ujar Bowo.

Menurutnya bantuan sembako akan dibagikan bertahap ke seluruh kecamatan di Bumi Sukowati. Adapun tahap pertama ini ada 300 bingkisan berupa bahan pangan. Penyerahan bantuan dilakukan door to door mendatangi rumah warga oleh para kader.

Sebab jika dikumpulkan satu tempat dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan. “Berikutnya bisa berjalan terus secara gotong royong paling tidak bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak PPKM,” jelaa Bowo.

Bowo juga menjelaskan, pertimbangan pemberian sembako ini memang dikhususkan bagi warga yang luput dari pemberian bantuan pemerintah. Bahkan dirinya sempat mendapati data ada warga tidak mendapatkan bantuan karena NIK bermasalah.

“Pasti ada yang lewat dan kami dapat tadi ada yang tidak punya NIK terus tidak terdaftar banyak juga. Bukan berarti tidak mau membantu, tapi kan administrasi tidak bisa,” tandasnya.

Sekretaris DPC PDIP Sragen, Suparno menambahkan di tahap awal pemberian sembako di lima kecamatan ini meliputi Jenar, Sukodono, Tangen, Mondokoan, dan Sragen Kota. Politisi yang kini menjabat Ketua DPRD Sragen itu menyebutkan tak sedikit warga yang luput dari bansos pemerintah. Pihaknya mengerahkan kader untuk menyisir terutama di daerah pinggiran.

“Kami ingin memastikan warga yang benar-benar membutuhkan akan kita bantu. Kader di wilayah yang melakukan penyisiran,” ujar Suparno.

Salah satu keluarga yang mendapatkan bantuan sembako keluarga Mbah Imam. Warga yang berdomisili tak jauh dari kantor DPC PDIP Sragen itu merasa haru masih mendapatkan bingkisan dari Puan Maharani. “Terimakasih ya mas, membantu keluarga kami,” ucapnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI