Ratusan Pengungsi Masih Bertahan di Masjid

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Luapan Sungai Bengawan Solo memaksa 140 warga Rt 01/Rw I Dukuh Daleman Desa Ngringo, Jaten mengungsi, Selasa (29/11/2016). Sedangkan di Dusun Pokoh, Desa Seloromo, Jenawi, belasan warga terdampak longsor terpaksa bertahan lebih lama di pengungsian.

“Warga belum selesai berkemas, banjir keburu menerjang. Sekitar pukul 23.00 WIB, 36 KK terdiri 145 jiwa mengungsi ke masjid Al Maming karena posko pengungsian belum siap. Takmir masjid mengizinkan,” kata Ketua Rt 01/Rw I Daleman, Budi HS kepada KRjogja.com.

Pada Selasa pukul 10.00 WIB, tinggi muka air di kampungnya yang berbatasan langsung dengan bibir Sungai Bengawan Solo mencapai 2 meter dan diperkirakan terus bertambah. Di pengungsian, logistik kebencanaan relatif mencukupi. Para personel BPBD serta sukarelawan menyiapkan perbekalan jika sewaktu-waktu luapan air sungai meluas, misalnya perahu karet dan armada evakuasi.

“Banyak perabot masih tertinggal. Untuk menjaga keamanan, dibuat shift ronda bergilir sementara tinggal di pengungsian,” katanya.

Selain di Ngringo, luapan Bengawan Solo menggenangi jalur alternatif Waru, Kebakkramat menuju Sidodadi, Sragen di Dukuh Gunden. Salah seorang warga Waru, Eko Purwanto, mengatakan banjir hanya mengganggu akses transportasi namun tidak sampai menerjang permukiman penduduk.

Sementara itu, rekahan tanah di Desa Seloromo, Jenawi semakin kritis. Ukuran tanah ambles bertambah 30 sentimeter dari semula 150 sentimeter dengan radius 300 meter, dimana tiga keluarga atau 11 jiwa tinggal di sana. Kepala Desa Seloromo, Roni Suwarno mengatakan, rekahan itu juga menjalar ke Dukuh Karangasem.

“Seorang manula dari Karangasem tertindih material atap. Semalam pukul 23.00 WIB, tebing setinggi 15 meter menimpa bagian belakang rumahnya. Saat ini, sekeluarga itu ikut mengungsi,” jelasnya.

Roni mengatakan, belasan warga diminta tetap mengungsi ke masjid dan rumah tetangga. Ancaman longsor lebih dahsyat membuat kondisi tiga rumah itu tidak lagi layak dihuni. (R-10)

BERITA REKOMENDASI