Ratusan Warga Ditipu Biro Umroh HT, Ratusan Juta Raib

SOLO, KRJOGJA.com – Ratusan warga di kawasan Solo Raya menjadi korban penipuan oleh biro travel dan umrah HT yang berkantor di di lantai 3 Solo Paragon Mal di Jalan Yosodipuro No 133, Mangkubumen, Banjarsari, Solo, Jumat (29/9/2017). Puluhan korban sempat mendatangi kantot HT di Paragon Mall, ternyata sudah tutup, mereka akhirnya melapor ke polisi.

Salah satu korban yang kebetulan anggota Polresta Solo bernama Aiptu Taufiq Hidayat  mengatakan dirinya dan keluarganya telah menyetor biaya umrah untuk tiga orang kepada biro travel dan umroh HT  sebesar Rp 58,5 juta dengan rincian satu orang membayar Rp 19,5 juta untuk beaya Umroh.

Taufiq dan anggota keluarganya dijanjikan  diberangkatkan oleh biro Umroh HT ke Tanah Suci Mekah pada April 2017 lalu.

"Namun hingga akhir September ini  tidak ada kejelasan , bahkan kantor cabangnya di Solo tutup, katanya ditarik ke kantor induk Bogor," kata Taufiq ketika ditemui usai melapor kasus dugaan penipuan biro travel dan umrah HT ke Mapolresta Solo, Jumat (29/9/2017). Taufiq berupaya untuk menarik uangnya yang terlanjur dibayarkan  sebesar Rp 58,5 juta, namun kantor HT kosong bahkan ditutup.

Diakui oleh Aiptu Taufik dirinya telah mempersiapkan diri sejak Februari 2017. “Saya tidak curiga karena biro Umroh HT kelihatannya bonafit . Bahkan saya dan calon peserta Umroh lainnya  telah mengikuti pelatihan manasik di Asrama Haji Donohudan di Boyolali,” ujar Taufik.

Sementara Kasat Reskrim Polresta Solo Kompol Agus Puryadi, Jumat (29/9/2017) membenarkan pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap kasus dugaan penipuan dan penggelapan yang diduga dilakukan oleh biro Umroh HT.

“Masih dalam penyelidikan termasuk berapa nilai kerugian masih dihitung,” paparnya. (Hwa)

 

BERITA REKOMENDASI