Rawan Longsor, Pembangunan Talud Jalan di Sanggang Dikebut

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Pengerjaan pembangunan talud jalan di Dukuh Tileng, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu terus dikebut. Sebab kondisi jalan mengkhawatirkan karena berada diantara tebing curam dan rawan longsor. Jalan tersebut sangat diperlukan warga sebagai akses antar dukuh dan desa.

Camat Bulu Sunarjo, Senin (29/1) mengatakan, pembangunan talud jalan direncanakan berukuran panjang 30 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 9 meter. Talud dibangun untuk mengamankan jalan sebagai akses warga.

Kondisi jalan sendiri berada diantara tebing curam dan rawan longsor. Warga khawatir apabila dibiarkan maka tanah longsor bisa terjadi kapan saja. Terlebih lagi melihat kondisi cuaca sekarang sering hujan deras dengan durasi waktu lama.

“Pembangunan talud dilakukan secara gotong royong melibatkan warga, pihak desa, Polres, Kodim 0726 dan ormas,” ujar Sunarjo.

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa mengatakan, Kodim 0726 Sukoharjo mengerahkan belasan anggota untuk membantu pembangunan talud pengaman jalan di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu. Keberadaan anggota diharapkan bisa mempercepat proses pengerjaan agar kondisi jalan bisa aman.

“Melihat medan jalan memang mengkhawatirkan karena tebing disekitarnya rawan longsor dan perlu dibangun talud pengaman,” ujarnya.

Dengan pembangunan talud tidak hanya memberikan rasa aman bagi warga namun juga kenyamanan bagi masyarakat saat melintas. Sebab mereka tidak perlu khawatir lagi terjadi ancaman tanah longsor.

“Jalan tersebut menghubungkan antar dukuh di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu jadi warga sangat membutuhkan keamanan saat melintas,” lanjutnya.

Sebelum dibangun talud sebelumnya telah dilaksanakan musyawarah bersama masyarakat. Hasilnya seluruh komponen masyarakat sepakat untuk membangun talud pengaman jalan.
Kepala Desa Sanggang, Kecamatan Bulu Supangat menambahkan, gotong royong pembangunan talud jalan sangat melegakan. Sebab proses pembangunan bisa menjadi lebih cepat dan diharapkan selesai dalam beberapa hari kedepan.

“Kehadiran sejumlah pihak dalam gotong royong membangun talud ini sangat membantu. Baik dari jajaran TNI, Polri, Ormas dan masyarakat setempat,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI