Rayakan HUT RI ke-76, Warga Lereng Merapi Kibarkan Bendera Raksasa Diatas Bukit

Editor: Agus Sigit

BOYOLALI, KRjogja.com – Tradisi unik dilakukan warga lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76. Yaitu, mengibarkan bendera Merah Putih berukuran raksasa di Lereng Gunung Merapi.

Bendera Merah Putih sepanjang 76 meter dengan Lebar 20 meter itu, dibawa oleh warga lereng Merapi dengan cara dikirab berkeliling kampung, dengan semangat membawa bendera berukuran raksasa warga sambil bernyanyi lagu-lagu perjuangan. Dengan menerapkan protokol kesehatan, sehingga tidak banyak orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Setelah diarak dikampung sejauh Dua kilometer, bendera tersebut di kibarkan di ladang perbukitan milik warga. Warga juga memberi hormat saat bendera dikibarkan.

“Kalau dikibarkan dibawah akan menimbulkan kerumunan, sehingga kami memilih di puncak untuk menekan kerumunan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan jumlah warga yang ikut kiran juga tidak banyak,” ujar Sesepuh warga Selo, Sukasno, Selasa (17/8/2021).

BERITA REKOMENDASI