Rehab SD Rusak di Wonogiri Butuhkan Rp 30 M

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI (KRjogja.com) – Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri butuh anggaran sedikitnya Rp 30 miliar guna memperbaiki gedung-gedung Sekolah Dasar (SD) yang rusak di daerah tersebut. Namun dari total kebutuhan anggaran itu pemerintah pusat melalui DAK (dana alokasi khusus) hanya mengucurkan sekitar Rp 14,8 miliar.

 

"Karena anggaran yang terbatas sehingga kami harus menyusun ulang rencana rehab SD sesuai prioritas program," ungkap Kepala Disdik Wonogiri Drs Siswanto MPd didampingi Kepala Bidang (Kabid) TK/SD Drs Suwanto MPd menjawab KR, Senin (7/11).

Menurut dia, perbaikan sejumlah gedung SD yang rusak di daerah Wonogiri menggunakan DAK Rp 14,7 M itu bakal dilakukan Disdik tahun 2017. Disebutkan Suwanto, tahun 2016 ini pihaknya mendapat anggaran pemerintah pusat sekitar Rp 4,9 M.

"Kita rencanakan dengan dukungan DAK tersebut bisa untuk merehab 12 unit SD, membangun 7 perpustakaan dan 2 ruang kelas baru atau RKB," terang Suwanto. Ditambahkan dia, sekolah SD yang rusak di daerahnya tidak hanya sekolah lama yang dibangun belasan bahkan puluhan tahun silam.  Namun ada pula yang termasuk unit SD baru yang mendadak roboh lantaran kedapatan dimakan rayap seperti terjadi di wilayah Purwantoro. (Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI