Relokasi Sementara Pemilik Kios Batal

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Rencana pemindahan sementara pemilik kios sisi utara Sub Terminal Agrobisnis (STA) Karangpandan urung dilaksanakan. Bahkan, pedagang bekas pemilik kios itu juga belum pasti diberi prioritas berjualan kembali di kompleks STA pascarevitalisasi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Tarsa, Minggu (14/08/2016) mengklaim pedagang di kios sisi utara STA memilih berhenti berjualan karena lahan tersebut terkena proyek revitalisasi. Sebelumnya, Pemkab merencanakan mereka dipindah sementara ke depan kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Karangpandan. "Total terdapat 14 kios. Namun yang aktif tinggal beberapa saja. Tidak banyak. Mereka memilih off dulu alias tidak berjualan,” kata Tarsa.

Kios-kios ini dulunya ramai menjajakan kuliner di tepi ruas jalan Karangpandan-Tawangmangu. Diduga lantaran statusnya berdiri di atas tanah Pemkab, pemilik kios tak sanggup beradu argumentasi sehingga pasrah digusur. Mereka juga tidak berhak menuntut dipindah ke lokasi sementara.

Untuk diketahui, STA Karangpandan bakal dibangun ulang setelah terbengkalai selama bertahun-tahun. Pemkab mengalokasikan dana proyek Rp 11 miliar di atas lahan berukuran 4 hektare itu. (M-8)

BERITA REKOMENDASI