Reses Dewan Soroti Jalan Rusak

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Masalah infrastruktur jalan rusak masih menjadi aspirasi dominan sebagian besar warga Kabupaten Sragen. Warga mendesak pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat segera melakukan perbaikan mengingat pentingnya akses jalan sebagai penunjang kegiatan ekonomi. Hal itu terungkap dari dalam agenda serap aspirasi (reses) yang digelar sejumlah anggota DPRD Sragen.

"Jadi aspirasi yang dominan disampaikan adalah tentang kondisi ruas jalan yang rusak. Seperti jalan penghubung Tunjungan-Gondang yang banyak dikeluhkan warga," ujar Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto usai menggelar reses, Jumat (16/03/2018).

Menurut Totok, sapaan akrab Bambang Samekto, berbagai aspirasi warga itu akan segera ditindaklanjuti dengan dimasukkan dalam pokok pikiran (pokir) DPRD dan diseleraskan dengan program pemkab. "Khusus untuk keluhan jalan rusak Tunjungan-Gondang, sudah masuk di APBD dan tahun ini juga diperbaiki," jelasnya.

Totok mengakui, perbaikan ruas jalan sepanjang 4 kilometer tersebut sangat penting mengingat kerusakan sudah semakin parah. Kerusakan semakin menjadi karena jalan tersebut setiap hari dilalui truk pengangkut material tol Solo-Kertosono (Soker).

"Tahun ini tol sudah selesai, jadi perbaikan secepatnya akan dilakukan. Terus terang saya malu, mosok jalan menuju rumah pimpinan dewan kondisinya hancur begitu," tandasnya.

Keluhan banyaknya jalan rusak juga mengemuka dalam reses yang digelar Wakil Ketua DPRD Sragen dari Fraksi Partai Golkar, Bambang Widjo Purwanto. "Aspirasi paling banyak masih soal infrastruktur. Itulah mengapa dana aspirasi memang kami alokasikan lebih banyak untuk infrastruktur," tuturnya.

Selain itu, jelas Bambang, warga juga menyinggung soal sulitnya mendapat pupuk karena kuotanya makin dikurangi. Kemudian kartu tani juga dianggap malah membuat petani makin ribet dan bukan membantu karena faktanya alokasi pupuk justru terus dikurangi.

"Kami memaklumi keluhan petani dan faktanya kuota pupuk tahun ini malah dikurangi lagi," tambahnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI