Retribusi Parkir Ditarget Rp 745 Juta

SRAGEN, KRJOGJA.com – Pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parkir kendaraan tahun 2017 di Kabupaten Sragen ditargetkan sebesar Rp 745 juta. Target itu naik dari realisasi pendapatan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 725 juta.

Kasi Teknik Terminal dan Perparkiran, Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen, Rahmadi Minggu (23/07/2017) mengatakan dengan terget tersebut optimistis bisa memenuhi. Apalagi sampai pertengahan tahum 2017, realisasi pendapatan sudah mencapai lebih dari 50 persen.

Menurut Rahmadi, saat ini terdapat sebanyak 358 lokasi parkir yang masuk dalam 12 rayon pengelolaan. Lokasi-lokasi parkir itu dikelola oleh sekitar 358 juru parkir (jukir) yang telah punya kartu tanda anggota (KTA). Mereka juga telah dibekali seragam.

Rahmadi menjelaskan, pendapatan terbesar retribusi parkir berasal dari rayon kota dan seputar Pasar Bunder. "Kalau jumlah lokasi parkir per rayon berbeda-beda. Tapi kontribusi pendapatan terbesar berasal dari rayon kota," jelasnya.

Rahmadi mengaku akan ada pengembangan lokasi-lokasi parkir baru untuk mendongkrak pendapatan. Sejumlah lokasi baru rintisan titik parkir sedang diinventarisasi. 'Sebanyak 358 lokasi itu belum termasuk lokasi rintisan, dalam waktu dekat akan ditetapkan sebagai lokasi baru," jelasnya.

Rahmadi berharap partisipasi aktif dari masyarakat atau pengguna jasa parkir, untuk melapor bila ada pelanggaran oleh jukir. Dia tidak ingin temuan penggunaan kertas retribusi parkir hasil cetakan sendiri jukir, kembali terulang. (Sam)

BERITA REKOMENDASI