Revitalisasi Taman Monumen HAI Rp 896,5 Juta

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Revitalisasi Taman Monumen Hari Aksara Internasional (HAI) di sisi selatan Masjid Agung Karanganyar diyakini menjadi solusi problem perparkiran dan ruang menyalurkan hobi. Proyek senilai Rp 896,5 juta itu ditarget selesai 31 Oktober 2016.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Karanganyar, Titis Sri Jawoto mengatakan pengerjaan revitalisasi diprioritaskan pada pembuatan pagar Taman HAI, pembuatan jalan masuk empat sisi, saluran limbah, area parkir sepeda motor dan mobil, pemasangan ornamen serta pembuatan taman lalu lintas. Adapun proyek yang ditangani CV Cipta Wijaya Solo itu dimulai 3 Agustus 2016.

“Revitalisasi taman HAI akan menjadi ruang baru beraktivitas warga Karanganyar. Pembangunan dua tahap ini untuk menampung berbagai keperluan seperti perparkiran, olahraga dan edukasi,” jelasnya.

Dulunya, Taman Monumen HAI seakan tak terawat dan hanya dipakai berlatih atlet panahan sesekali waktu. Adapun revitalisasi ini tetap mengakomodasi kebutuhan atlet yang disinergikan dengan venue permainan anak seperti rumah angin, parkir kendaraan bermotor dan taman lalu lintas.

Bupati Karanganyar Juliyatmono meminta penambahan arena atraksi pehobi sepeda onthel di taman tersebut. Hal paling urgen penataan lampu peneragan supaya area itu steril dari praktik mesum. Sumber pembiayaan APBD perubahan sangat dimungkinkan mengkaver kebutuhan itu.

“Agar dipercantik dengan tanaman bunga atau seperti di taman air mancur itu. Ini pekerjaan mudah dan dapat dipercepat dengan menambah jumlah pekerja dan durasi,” jelasnya. (R-10)

BERITA REKOMENDASI