Ribuan Lulusan Serbu Jobfair, Ini Lulusan yang Banyak Dicari

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Ribuan calon pencari kerja (canaker) menyerbu stan pendaftaran pekerjaan dari 59 perusahaan yang dibuka di Palur Plaza Karanganyar, Selasa-Rabu (19-20/12/2017). Untuk memudahkannya memilih bidang kerja, panitia menyediakan stan khusus pendaftaran online.

"Jadi, canaker mengisi dulu identitas, bidang kerja yang akan digeluti serta kualifikasinya. Pengisiannya bisa secara online di laman cariloker.id. Disediakan beberapa laptop dari panitia untuk mereka mengisi data diri. Atau bisa langsung membawa lamarannya ke stan-stan perusahaan," kata Ketua Panitia Jobfair dari PT Kusuma Kreasi Utama, Fermi Febiyanto kepada wartawan di sela jobfair, Selasa (19/12/2017).  

Hanya dalam waktu tiga jam setelah jobfair dibuka pukul 09.00 WIB, jumlah registrasi mencapai 2 ribu lebih canaker. Diperkirakan, jumlahnya sampai 3 ribu canaker hingga hari pertama jobfair ditutup sore hari. Jumlah ini jauh melebihi perkiraan.

"Targetnya 3 ribu canaker mengakses jobfair selama dua hari. Ternyata satu hari saja sudah sangat bagus antusias pendaftar," katanya.

Meski melampauai target, panitia tetap melayani pendaftaran kerja di hari berikutnya. Perusahaan pengguna jasa dipersilakan menyaring para calon sesuai kriteria yang diharapkan.

Berdasarkan pantauan KRJOGJA.com, lowongan kerja berbagai keahlian dibutuhkan dari perusahaan peserta jobfair. Mulai tenaga profesional berpendidikan sarjana sampai lulusan sekolah menengah yang dibutuhkan administrasi kantor. Para canaker berasal dari eks karisidenan Surakarta, Yogyakarta sampai Jawa Timur.  

"Kebetulan ada jobfair, lalu ke sini. Semoga saja ada lowongan yang cocok buat saya," ujar Defiana Maya, seorang lulusan UNS kepada KR.
Berbekal ijazah sarjana ilmu hukum, ia mendaftar HRD perusahaan garmen yang berkantor di Jaten.  

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Tenaga Kerja dan UMKM, Waluyo Dwi Basuki mengapresiasi pembukaan bursa kerja. Cara ini paling menguntungkan bagi pencari kerja, vendor event, penyedia ruang jobfair maupun pemerintah daerah.  

"Paling hemat seperti ini. Canaker bisa memilih lebih dari satu perusahaan. Lagipula tak perlu keliling masukin lamaran ke sana kemari. Terlebih, semuanya dilayani secara cuma-cuma," katanya.

Ia mengatakan Kabupaten Karanganyar potensial menyediakan  tenaga kerja terampil tiap tahun. Kepada tenaga kerja, ia menyarankan mereka memiliki rujukan pekerjaan sebelum memutuskan berhenti di suatu perusahaan.  

"Lumrah bila keluar masuk tempat kerja untuk mencari nasib lebih baik. Tapi, jangan sampai menganggur terlalu lama," katanya. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI