RSI Pugar 3 Rumah Tak Layak Huni

WONOGIRI, KRJOGJA.com – PT Regal Springs Indonesia (RSI) Aquafarm Nusantara yang merupakan usaha bisnis perikanan air tawar terbesar di Indonesia mengucurkan CSRnya dengan melakukan rehab atau pemugaran 3 rumah tak layak huni (RTLH) milik keluarga kurang mampu di Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan yang berlangsung selama hampirv2 minggu tersebuat baru selesai dan diserahkan, Kamis (20/2/2020) kepada warga oleh Bupati Wonogiri yang diwakili Kabag Kesra Sekda Wonogiri, Mubarok dan disaksikan Community Affairs Senior Manager PT RSI Dian Octavia dan Kades Sendang Sukamto PW SH. Sebanyak 3 rumah tak layak huni, masing-masing mendapatkan bantuan Rp 15 juta, sehingga total CSR yang dikucurkan Rp 45 juta.

Dian Octavia mengungkapkan, progran Rehab RTLH bagi 3 warga Sendang merupakan bentuk kepedulian perusahaannya dalam mendukung program pemerintah.

“Pembangunan RTLH merupakan program keberlanjutan Kami Peduli. Adapun pekerjaannya dilakukan dengan pola kemitraan antara kami, Pemerintahan Desa dan Labupaten Wonogiri,” ungkap Dian usai seremoni penyerahan kunci rumah yang selesai dibangun dan akan ditempati kembali.

Dian memgatakan, dengan program rehab RTLH ini, diharapkan akan meningkatkan kualitas hidup warga yang tadinya menempati rumah tak layak, kini bisa hidup di rumah sehat. Pembangunan yang dilakukan dengan melibatkan warga secara gotong royong juga mampu menghemat beaya tenaga, sehingga dengan anggaran Rp 15 juta, hasilnya cukup maksimal.

Selain bantuan rehab RTLH, PT RSI juga memberi bantuan tambahan makanan untuk posyandu di Desa Sendang. “Kami juga memberikan bantuan untuk membangun jembatan yang tadinya kondisinya memprihatinkan dari kayu, kini kita buat beton sehingga lebih aman bagi warga,” kata Dian.

Terpisah, Kepala Desa Sendang Sukamto PW menyatakan terima kasih. Dengan bantuan tersebut, setidaknya ada tiga warga hidupnya menjadi lebih layak karena menghuni rumha sehat. Mereka antara lain Poniman, Teguh, dan Mulyono.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kebupatan Wonogiri, Mubarok di Kabupaten Wonogiri masihbterdapat sekitar 3.000 Rumah Tak Layak Huni. Adanya bantuan pembangunan RTLH dari RSI Aquafarm Nusantara setidaknya dapat mengurangi rumah tidak layak huni sehingga dapat mengentaskan kemiskinan di Wonogiri. (Cha)

BERITA REKOMENDASI