RSUI Banyubening Siapkan Ruang Perinatology Bagi Bayi Dengan Penanganan khusus

Editor: Agus Sigit

BOYOLALI, KRjogja.com – Untuk menjaga kesehatan ibu dan anak pasca kelahiran,  Rumah Sakit Umum Islam (RSUI)  Banyubening, Boyolali, Jawa Tengah menambah ruang layanan Perinatology Center. Ruang tersebut dilengkapi dengan, 12 infant incubator, ruangan NICU 3 incubato unit, infant warmer, 3 alat fototerapi, CPAP 2 unit dan lainnya.
Direktur RSUI Banyubening, dr Nurul Fithri Ishvari menyatakan, penambahan ruang pelayanan yang bernama Perinatology Center ini untuk merawat bayi baru dilahirkan 28 hari dalam kondisi kurang baik dan membutuhkan observasi serta membutuhkan penanganan khusus.
“Jadi ruang ini untuk penanganan khusus bagi bayi dalam kondisi kurang baik. Ruang ini untuk meyelamatkan bayi,”katanya kepada wartawan, Sabtu(18/12/2021).
Ia mengatakan, dengan adanya ruangan ini nantinya dapat menekan kematian  pasca kelahiran bayi. Diharapakan adanya ruangan ini dapat menjaga kualitas anak jadi lebih baik dan sehat. Dimana, di Boyolali tingkat kematian bayi masih tinggi.
“Dapat di bilang angka kematian bayi di Boyolali masih dapat dibilang tinggi. Sehingga dengan adanya ruang ini dapat menyelamatkan bayi yang baru dilahirkan dalam kondisi kurang baik, “ujar dia.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes)  Boyolali,dr Puji Astuti mengatakan, ruangan Perimatology Center ini tentunya akan membantu kegawatdaruratan pada pada bayi yang baru dilahirkan dalam kondisi yang kurang baik.
“Ya, tentu ruangan ini akan membantu ibu yang baru melahirkan anaknya. Dan ruang kegawatdaruratan ini juga sangat mewadahi untuk perawatan bayi, “ujar dia. (M-2)

BERITA REKOMENDASI