Rumah Ambles di Purwantoro, Warga Dihimbau Mengungsi

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI (KRjogja.com) – Guyuran hujan deras yang berlangsung selama dua jam lebih mengakibatkan empat rumah warga Jagir Desa Sumber Purwantoro Wonogiri, Kamis (1/3) sekitarnya pukul 15.30 WIB lalu, ambles hampir 50 Cm. Demi keselamatan jiwa warga, BPPD Wonogiri bersama  Forkopimcam Purwantoro mengeluarkan imbauan agar 4 KK (16 jiwa) itu meninggalkan rumah atau mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Camat Purwantoro Joko Susilo SSos, Jumat (2/3), memimpin langsung upaya evakuasi dngan menebang puluhan jati dan trembesi besar yang ada di kawasan tersebut. "Langkah ini dilakukan guna mengurangi beban di atas tanah tidak berat, dikhawatirkan jika terjadi hujan susulan amblesan tanah dipastikan makin parah," kata Camat Joko.

Dijelaskan, pergerakan tanah di Rt 01/ Rw 01 Dusun Jagir Sumber Purwantoro mengancam 4 rumah  warga yaitu Giyono, 50 tahun, dengan jumlah keluarga 5 jiwa, Sutarto (40), Sarijo  (5 jiwa), serta Katno (47) dengan 3 jiwa.

"Selain ada rekahan (ambles) atau turun 40-50 Cm lebar rekahan juga bervariasi antara 10 – 35 Cm," kata Kepala BPBD Wonogiri Drs Bambang Haryanto MM, dalam secara terpisah, Jumat.

Menurut dia, rekahan tanah teraliri air sehingga mengakibatkan tanah bagian dalam menjadi lumpur hingga mudah  bergerak. Mengingat kondisi itu terpaksa dilakukan penebangan pohon-pohon besar di atas kawasan untuk mengurangi beban tanah. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI