Rumah dan Kandang Terbakar, Ayam Mati Terpanggang

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Kebakaran menghanguskan rumah dan kandang ayam milik warga Gobakan, Desa Sringin, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Giyatno (40) pada Rabu siang (13/10/2021). Pemicunya bara api dari sisa pembakaran rumpun bambu.
Karena tidak ada pengawasan, api kemudian merembet ke bangunan rumah hingga menimbulkan kebakaran.

Warga yang melihat kejadian itu langsung berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sementara warga lainnya menghubungi petugas Pemadam Kebakaran Karanganyar. Tak lama kemudian, petugas dan 2 unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk segera memadamkan api.

Salah satu petugas Pemadam Kebakaran Karanganyar yang ikut dalam tugas pemadaman itu, Mustofa, mengatakan selain bagian rumah, sebuah kandang ayam juga hangus. “Selain rumah ada kandang ayam juga yang terbakar, tapi kandang kecil,” ujarnya.

Untuk mencegah terulangya kejadian serupa, Damkar mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat membakar sesuatu. “Kalau membakar sesuatu, entah itu sampah, rumpun bambu, atau apa pun itu harus ditunggu. Dan sesudahnya pastikan api sudah benar-benar padam. Jangan ditinggal karena api bisa merembet ke mana-mana,” imbau Mustofa.

Ia mengatakan tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kapolsek Jumantono AKP Suryono mengungkapkan, kebakaran yang melanda rumah milik Giyatno tersebut berawal dari adanya sejumlah warga yang melihat kepulan asap dari bagian dapur.

Saat itu pemilik rumah sedang mengantarkan anaknya untuk mengaji. Setelah kembali, rumah sudah dalam keadaan terbakar. Melihat hal tersebut, beberapa tetangga langsung melaporkan ke mapolsek, lalu diteruskan ke petugas pemadam kebakaran Karanganyar.

”Posisi rumah saat itu dalam keadaan kosong karena ditinggal pemiliknya mengantar anaknya ngaji. Kemudian setelah pulang, pemilik rumah kaget bagunan dapurnya sudah terbakar. Beberapa warga yang berusaha memadamkan api secara manual tidak bisa karena api dengan cepat membesar dan merambat ke atap dapur,” terang Suryono. (Lim)

BERITA REKOMENDASI