Rumah Isolasi Mandiri Karanganyar Siap Januari 2021

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Rumah isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 tanpa gejala di Balai Latihan Kerja (BLK) Karanganyar siap dihuni per 1 Januari 2021. Tersedia 68 tempat tidur di gedung asrama.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar Purwati mengatakan telah mengantongi komitmen satuan kerja terkait pemanfaatan BLK Karanganyar di Karangpandan untuk keperluan tersebut. Selama isolasi mandiri, kebutuhan pasien disuplai pemerintah, dalam hal ini makanan dan obat-obatan.

“Sudah siap semua. Per awal Januari 2021 dapat menampung isoman. Yakni mereka yang tidak memungkinkan mengisolasi diri di rumah karena berbagai sebab,” katanya, Senin (28/12/2020).

Sejauh ini, isolasi mandiri di luar rumah masih dirujuk ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Sebanyak tiga pasien tanpa gejala memanfaatkan fasilitas tersebut. “Ada tiga orang. Dua asal Colomadu dan satu orang asal Tawangmangu. Mereka sadar dengan kesanggupan dan tanpa paksaan serta suah membuat surat pernyataan, mau diisolasi mandiri ke fasilitas milik pemerintah,” lanjutnya.

Pemakaian fasilitas asrama di BLK oleh pasien Covid-19 tanpa gejala juga akan menggunakan mekanisme sama, yakni surat kesanggupan. Lebih lanjut Purwati mengatakan, asrama BLK memiliki 68 tempat tidur. Para pasien akan dilayani relawan PSC 119. Mereka juga diawasi tenaga kesehatan yang ditugaskan secara shift.

Di bagian lain, Puskesmas Karanganyar Kota membuka layanan rapid tes antigen bagi pemohon umum. Mengenai hal ini, Purwati mengatakan layanan itu berbayar. “Baru buka di Puskesmas Karanganyar kota karena wilayah kecamatan ini kasusnya cukup tinggi,” pungkasnya.

Sementara itu hingga Minggu (28/12/2020), kasus Covid-19 di Kabupaten Karanganyar mengalami penurunan signifikan. Yakni 220 orang terinveksi dari pekan lalu di hari yang sama hampir 500 orang. (Lim)

BERITA REKOMENDASI