Rumah Kriya Hadir, Produk Furniture Jawa Tengah Diharapkan ‘Moncer’

SOLO, KRJOGJA.com – Bekas rumah dinas Residen Surakarta di kawasan Banjarsari Solo disulap menjadi Rumah Kriya. Kehadiran Rumah Kriya Banjarsari ini sebagai ajang promosi produk-produk furniture Jawa Tengah khususnya pelaku usaha industri mebel yang ada di Surakarta.

Melalui Rumah Kriya ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan produk furniture baik untuk pasar dalam negeri maupun ekspor. "Di sinilah tempat bertemunya produsen dengan pembeli lokal maupun buyer," jelas Listiyati P Rusdiana, kepala bidang Industri Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah, Kamis (3/5/2018).

Keberadaan Rumah Kriya Banjarsari sangat diperlukan, karena semakin banyaknya produk mebel impor yang masuk ke toko-toko. Bahkan ada toko yang lebih mementingkan produk impor daripada lokal. Sementara yang diprihatikan para pengusaha showroom produk lokal selama ini belum ada.

"Jadi Rumah Kriya ini diharapkan menjadi percontohan showroom produk mebel lokal," jelas Listiyati yang mewakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Arif Sambodo. Untuk pengisi mobel di Rumah Kriya akan digilir 3-4 bulan. Hanya saja barang yang akan dipajang tetap melalui penilaian.

Untuk memanfaatkan Rumah Kriya, Dinperindag Jateng bekerjasama dengan Koperasi Industri Mebel dan Kerajinan Solo Raya (KIMKAS). Ketua KIMKAS, Hariyanta menjelaskan ada 100 industri kecil menengah besar yang siap memanfaatkan.(Qom)

BERITA REKOMENDASI