Rumah Ludes Terbakar, Lansia Selamat

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Si jago merah meluluhlantakkan rumah milik warga Dukuh Cumpleng, RT 03/RW XI, Desa Plumbon, Tawangmangu, Sido Karyo Dimejo (91), Minggu (18/04/2021) pukul 15.15 WIB. Pemilik rumah selamat karena sedang mengunjungi anaknya.

Hubungan listrik arus pendek atau korsleting diduga menjadi penyebab kebakaran. Camat Tawangmangu Rusdiyanto mengatakan korban tinggal sendirian di rumah tersebut. Lantaran ditinggal pemiliknya, tak ada yang tahu di dalamnya muncul api. Bangunan yang sudah dilumat api tinggal menyisakan tembok gosong. Seluruh bahan kayu dan perabot luluh lantak.

“Rumahnya habis total. Pemilik enggak di sana, kebetulan sedang pergi mengunjungi anaknya. Mbah Karyo selamat. Sekarang tinggal dengan anaknya,” katanya kepada KRJOGJA.com, Senin (19/04/2021).

Kerugian ditaksir mencapai Rp75 juta. Berdasarkan penelusuran petugas pemadam kebakaran, terdapat bekas kabel meleleh di colokan listrik. Diduga, Karyo menyalakan alat listrik lalu ditinggal pergi.

“Mbah Karyo itu sudah pikun. Usianya 91 tahun. Rumah anaknya enggak jauh dari mbah kakung. Ada kabel meleleh. Kemungkinan nancepin apa begitu lalu ditinggal,” katanya.

Kasubbag Humas Polres Karanganyar, Iptu Agung Purwoko, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maulla, peristiwa rumah warga Tawangmanggu yang terbakar itu kali pertama diketahui tetangga korban.

“Tetangga korban ini sedang di rumah. Ia melihat kepulan asap dari rumah korban. Rumah korban ada di belakang rumahnya. Ia berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Warga mendatangi tempat kejadian dan mengecek keberadaan korban. Korban tidak ada di rumah, tetapi di rumah anak, Suliyem,” ujar Agung.

Warga berusaha memadamkan api dan menghubungi Polsek Tawangmangu dan sukarelawan. Sementara itu, menurut informasi, proses pemadaman api yang membakar rumah Karyo sempat terkendala.

Rumah itu berada sekitar 20 meter dari jalan. Mobil tidak bisa masuk. Hanya selang mobil damkar yang bisa dibawa melewati gang sempit untuk menyemprotkan air ke rumah yang terbakar.

Kepala Seksi (Kasi) Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Karanganyar, Renggo Buono, menyampaikan api berhasil dipadamkan pukul 16.20 WIB. Dua unit pemadam kebakaran berada di lokasi kejadian. (Lim)

BERITA REKOMENDASI