Rumah Mualaf MUI Beri Bantuan Modal Usaha

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – Rumah Mualaf Majelis Ulama Indonesia (MUI) Karanganyar melakukan pendataan mualaf yang memiliki usaha. Tujuannya, para mualaf tersebut akan diberi modal usaha. Bantuan tersebut bagian dari upaya Rumah Mualaf Karanganyar untuk membina para mualaf.

Ketua Rumah Mualaf Karanganyar, Syamsi menyampaikan, tercatat sekitar 400-an orang mualaf di Karanganyar. Kenaikan paling banyak tahun lalu, sekitar 150-an orang. Mualaf merupakan warga beragama yang barusaja memeluk Islam.

“Kita bina, kita beri bantuan modal usaha sudah kerjasama dengan Baznas Rp 3,5 juta untuk 1 orang. Tinggal yang lolos seleksi itu siapa. Pemberian tahun depan,’’ kata Syamsi, Sabtu (11/12).

Menurut Syamsi, dari jumlah mualaf yang ada, diperkirakan sekitar 10 persen diantaranya memiliki usaha. Misalnya usaha jahit, ternak lele, membuat makanan ringan, kuliner serta pedagang asongan.
Sementara mengenai pembinaan rohani bagi para mualaf tersebut, Rumah Mualaf Karnganyar sudah merekrut penyuluh yang ditempatkan di seluruh kecamatan di Karanganyar.

“Penyuluh-penyuluh itu kami rekrut untuk melakukan pembinaan. Satu kecamatan satu penyuluh, ada yang memanggil ke rumah baik kelompok atau mandiri, saya minta bisa dilayani,’’ kata Syamsi.

Syamsi menambahkan, pihaknya meminta para mualaf-mualaf itu selalu beribadah di masjid dekat rumah mereka. Agar masyarakat tidak merasa kaget tiba-tiba mengetahui para mualaf tersebut berada di masjid padahal sebelumnya beragama lain. “Kalau sudah bisa sholat, ora isin. Saya sarankan melekat ke masjid sehingga warga tidak kaget,” katanya. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI