Rumah Porak Poranda Diterjang Angin Kencang

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sedikitnya 10 unit rumah dan fasilitas publik lainnya rusak akibat diterjang angin lisus di wilayah Colomadu pada Sabtu (12/1) sore. Seluruh kerusakan didata dan diusulkan mendapat tali asih pemerintah. 

"Hujan angin seringkali menerjang Colomadu. Kemarin sore, cukup kencang. Keruaakan terjadi karena angin merobohkan pepohonan. Nah, pohon itu menimpa rumah sampai merusak jaringan listrik," kata Camat Colomadu, Yopi Eko Jatiwibowo kepada KR, Minggu (13/1). 

Cuaca buruk berlangsung pukul 15.00 WIB sampai petang. Kerugian materi dialami warga Dusun Bakalan Rt 02/Rw IX Desa Ngasem, Ngatiman, Surya dan Triyono; Ahmadi di Dusun Bangsan; Mulyadi, Wagimin, Agus Supriyadi, Hartono dan Dian di Dusun Kujon Klamongan; dan warga Desa Bolon, Wagino. Kerusakan rumah korban sepert asbes dan atap diterbangkan angin, pagar rumah roboh dan atap jebol. Masing-masing merugi ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. 

Usai angin kencang berhenti mengamuk, warga dibantu sukarelawan membersihkan jalanan dari batang pohon melintang. Saat ini, kerusakan dan data diri korban telah diserahkan ke BPBD Karanganyar. Petugas akan mengklasifikasikan ke rumah rusak ringan, sedang dan berat. Yopi berharap tali asih segera diberikan untuk meringankan beban korban membenahi rumahnya.

Sementara itu, tim gerak cepat penanganan dampak angin puting beliung, longsor dan banjir di empat posko di Karanganyar beroperasi nonstop selama beberapa hari tekahir. Mereka membantu para korban cuaca buruk serta menyiapkan antisipasi bencana susulan. (Lim)

BERITA REKOMENDASI