Rumah Produksi Tusuk Sate Ludes Terbakar

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Kebakaran meluluhlantakkan sebuah rumah produksi tusuk sate di Dusun Nglinggo Rt 02/Rw IV Desa Buran, Tasikmadu, Minggu (22/4) pukul 21.00 WIB. Kejadian serupa juga melanda sebuah bus yang menyambar atap rumah di Dusun Gondang Manis Rt 01/Rt III Desa Jumantoro, Jumapolo, Senin (23/4) pukul 00.30 WIB.

"Rumah itu sebenarnya milik warga Beji, Bejen bernama Heri Purnono. Dikontrak oleh Catur Winarno yang beralamat di Perum Bumi Graha Indah, Jaten. Semalam, ia datang ke rumah produksinya untuk mengecek sesuatu. Setelah selesai, ia pun pulang. Sesampainya di rumahnya, ia ditelepon bahwa rumah produksinya terbakar," kata Kepala Satpol PP dan PMK, Kurniadi Maulato kepada KR, Senin (23/4). 

Warga sekitar membantu memadamkan api dengan cara manual, sedangkan petugas pemadam kebakaran berjibaku di dalamnya. Dua unit mobil damkar Satpol PP serta petugas BPBD Karanganyar dikerahkan.

"Total kerugian sekitar Rp 150 juta. Terdiri dari material bangunan berkarakter tradisional Jawa berukuran 8X12 meter persegi. Rusak berat. Api juga menghanguskan mesin, peralatan serta bahan baku tusuk sate.  Korban jiwa nihil," katanya.

Beberapa jam kemudian, posko pemadan kebakaran kembali dihubungi untuk menangani kejadian di Jumantono. Sebuah bus milik perangkat Desa Jumantoro, Riyadi (50) terbakar di teras rumah. Kobaran api juga menjalar di atap rumah. Beruntung kejadian itu cepat ditangani. 
"Penyebabnya juga korsleting listrik pada mesin. Membakar bus dan menjalar ke atap rumah. Kerugiannya Rp 100 juta," katanya. (Lim)
 

BERITA REKOMENDASI