Rusunawa Joho Blok C-D Mulai Diisi Tahun Depan

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Sebanyak 48 kamar kosong di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Joho blok C-D dipastikan akan segera diisi tahun depan 2018. Penghunian dilakukan pada kedua blok tersebut setelah kosong cukup lama.

Kabid Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sukoharjo Sarwidi, Selasa (26/12) mengatakan, sekarang masih dilakukan persiapan pengisian terhadap dua blok Rusunawa Joho yang kosong. Penghuni akan diambilkan baik dari warga Sukoharjo, pegawai pabrik maupun warga dari luar daerah.

Salah satu bentuk persiapan yakni menunggu turunnya kebijakan dari Bupati Sukoharjo. Persiapan lainnya yang dilakukan yakni berkaitan dengan pembenahan fasilitas di dua blok Rusunawa Joho.
“Dua blok Rusunawa Joho sebelumnya dipakai sementara sebagai kantor Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo sekarang sudah kosong dan siap dilakukan penghunian,” ujar Sarwidi.

Rusunawa Joho Blok C-D sudah dipastikan kosong sekitar empat sampai lima bulan lebih. Bangunan tersebut sebelumnya sempat dipinjam DKK Sukoharjo sebagai kantor sementara karena ada pembangunan kantor baru.

Kondisi bangunan Rusunawa Joho Blok C-D kemudian dilakukan pengecekan ulang oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sukoharjo. Hasilnya ditemukan beberapa kerusakan dan perlu dilakukan perbaikan.

Proses perbaikan sudah bisa dilakukan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sukoharjo menggunakan anggaran APBD Perubahan 2017. Anggaran yang didapat sepenuhnya sudah digunakan untuk perbaikan fasilitas seperti slot pintu, canopi dan lainnya.  

Sistem penawaran kepada masyarakat sebagai penghuni Rusunawa Joho Blok C-D akan dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sukoharjo dengan mengirim surat ke desa, kelurahan dan kecamatan. Selanjutnya para kepala desa, lurah dan camat diminta memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat khususnya warga miskin sudah berkeluarga yang belum memiliki rumah. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI