Sabar lan Narimo, Resep Panjang Umur Mbah Gotho

Editor: KRjogja/Gus

MBAH Gotho konon usianya 146 tahun. Kalau benar, maka dia merupakan manusia tertua yang masih hidup di dunia. Untuk sampai pada usianya sekarang, Mbah Gotho punya resep.

Salah satu cucu yang merawat keseharian Mbah Gotho, Suryanto (45) mengatakan, di usianya yang sekarang, pendengaran dan penglihatan Mbah Gotho memang sudah jauh berkurang. Saat ditanya soal resep dan rahasia panjang umur dan tetap sehat, jawabannya sederhana. 

Suryanto menjelaskan bahwa selama ini Mbah Gotho selalu berpesan untuk selalu sabar lan narima semua takdir yang digariskan. "Mungkin karena selalu bersabar itu, Mbah Gotho diberi panjang umur," tutur cucu paling bontot Mbah Gotho ini.

Selain itu, Suryanto menjelaskan bahwa Mbah Gotho sampai saat ini rajin minum jamu dari daun pepaya. Sedikitnya tiga kali seminggu dirinya membikinkan jamu tersebut. Mungkin itu juga ia panjang umur sehingga media luar negeripun menyebutnya sebagai manusia tertua di dunia.

Baca juga:
Ingat Mbah Gotho Sragen?, Pria Tertua di Dunia Itu Meninggal Dunia
Hanya Satu Keinginan Mbah Gotho…."Aku Pingin Mati Wae.."
 

Kendati masih menjadi perokok berat, namun hal itu juga tidak mengurangi kesehatan Mbah Gotho. "Kalau merokok, masih kenceng sampai sekarang. Setiap hari menghabiskan dua bungkus. Tapi rokok filter, tidak pernah rokok kretek," tambahnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI