Sakit, Joko Santosa Tidak Hadiri Debat Kedua Pilkada 2020

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Calon Bupati nomor urut 2 Joko Santosa tidak hadir dalam acara debat kedua Pilkada 2020 karena sakit, Sabtu (21/11). Debat hanya diikuti Calon Wakil Bupati Wiwaha Aji Santosa saja. Sedangkan pasangan nomor urut 1 datang lengkap Etik Suryani-Agus Santosa (EA). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo dalam Pilkada 2020 hanya menggelar dua kali debat.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda, Sabtu (21/11), mengatakan, debat Pilkada 2020 wajib diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati terdaftar. Dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Etik Suryani-Agus Santosa (EA) dengan nomor urut 1 dan Joko Santosa-Wiwaha Aji Santoso (Joswi) nomor urut 2. Pada debat pertama 17 Oktober lalu kedua pasangan calon hadir langsung. Namun pada debat kedua 21 Oktober Calon Bupati nomor urut 2 Joko Santosa tidak hadir karena sakit.

Dalam acara debat calon nomor urut 2 hanya menghadirkan Calon Wakil Bupati Wiwaha Aji Santosa saja. Sedangkan nomor urut 1 datang lengkap Etik Suryani-Agus Santosa (EA).

“Calon Bupati nomor urut 2 Joko Santosa tidak hadir dalam acara debat kedua Pilkada 2020 karena sakit. KPU Sukoharjo sudah menerima surat keterangan sakit berikut kelengkapan pemberitahuan dari rumah sakit,” ujarnya.

Nuril menjelaskan, sesuai dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tahapan debat calon bupati dan wakil bupati merupakan agenda wajib yang harus dihadiri oleh pasangan calon. Bagi pasangan calon yang tidak hadir maka akan mendapatkan sanksi sesuai aturan berlaku. Bentuk sanksi tersebut yakni pasangan calon tidak akan difasilitasi berkampanye di media massa hingga tahapan masa kampanye berakhir.

BERITA REKOMENDASI