Salut! 70 Penyintas Covid Ini Donor Plasma Bantu Pasien Corona

Editor: Agus Sigit

SRAGEN, KRjogja.com – Sebanyak 70 penyitas Covid-19 di Kabupaten Sragen berpartisipasi dalam donor plasma konvalesen yang digelar Pemkab Sragen, Kamis (19/8). Para pendonor yang terdiri atas aparatur sipil negara (ASN) dan warga sipil berharap upaya kemanusiaan yang dilakukan ini bisa membantu para penderita Covid-19 yang masih berjuang melawan virus.

Sekretaris Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sragen, Tatag Prabawanto menyampaikan, sebelum diambil plasmanya, pendonor dicek dulu kondisi kesehatannya apakah layak donor atau tidak. Ada sejumlah persyaratan sehingga perlu dicek kondisinya di laboratorium sebelum donor. “Kita kerjasama dengan PMI Solo, tentunya jadwal menyesuaikan karena PMI Solo yang memiliki alatnya,” jelas Tatag.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Sragen ini menjelaskan, ASN agar menjadi contoh masyarakat untuk menjadi pendonor plasma. Pihaknya juga sudah mengumumkan ke warga agar ikut donor. Soal antusiasme warga yang ikut tinggal kerelaan masing-masing. “Kalau saya siap donor konvalesen. Saya nggak masalah, tinggal cek kondisi kesehatan saja,” ujar Tatag yang juga termasuk penyintas.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sragen, Sutrisna menyampaikan, ada sebanyak 55 ASN yang bersedia menjadi pendonor. Dengan rincian 23 ASN tenaga kesehatan (nakes) dan 32 ASN nonnakes.

Ditambahkannya, pendonor juga berasal dari masyarakat umum yang berjumlah 15 orang. Sehingga total ada 70 pendonor yang mengikuti donor plasma konsevalen di Kabupaten Sragen. Mereka semua merupakan penyitas yang sukarela donor. “Jadwal baru hari ini, karena yang terdata baru sejumlah ini. Saat ini baru dicek kesehatannya,” ujarnya.

Menurut Sutrisna, jika ada ASN lagi yang sanggup mendonorkan plasmanya, donor massal akan digelar lagi di waktu mendatang. Karena memang tidak semua orang sanggup menjadi pendonor.

BERITA REKOMENDASI