Sambut Idul Fitri, Pemkab Sukoharjo Selenggarakan Pasar Murah

Editor: Agus Sigit

9SUKOHARJO, KRjogja.com – Pemkab Sukoharjo selenggarakan pasar murah dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun 2022. Kegiatan digelar di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GPPPD) Graha Wijaya. Pembukaan pasar murah dipimpin Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Sabtu (23/4).

Etik Suryani dalam sambutannya mengatakan, Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang dinanti umat Islam selepas menjalankan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh. Pada bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti sekarang ini permintaan masyarakat terhadap kebutuhan pokok cenderung terus meningkat sehingga berdampak pada kenaikan harga. Lonjakan harga yang tinggi ini tentu akan membebani dan sekaligus dapat mengurangi daya beli masyarakat terutama bagi masyarakat kurang mampu.

Melihat fenomena terjadinya lonjakan harga selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Pemkab Sukoharjo setiap tahunnya menggelar pasar murah. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang wajar dan relatif terjangkau serta menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat dalam jumlah yang cukup menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Selanjutnya dalam rangka menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat dan stabilitas harga serta membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Pemkab Sukoharjo melalui Tuk Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan kegiatan pasar murah yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Sabtu (23/4) dan Minggu (24/4) di GPPPD Graha Wijaya Sukoharjo.

“Oleh karena itu saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan pasar murah ini. Saya berharap melalui kegiatan ini dapat memudahkan masyarakat mendapat bahan kebutuhan pokok dengan harga yang wajar dan relatif terjangkau serta menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat dalam jumlah cukup menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H,” ujarnya.

Pasar murah ini dikatakan Etik Suryani juga sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa kepedulian sosial kepada masyarakat yang kurang mampu untuk menyediakan atau menjual barang kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang lebih murah dibanding harga pasar. Disisi lain, dengan kegiatan pasar murah ini diharapkan dapat mempererat hubungan Pemkab Sukoharjo dengan masyarakat serta dapat menjadi penggerak perekonomian daerah sehingga akan mendorong perekonomian di Kabupaten Sukoharjo untuk dapat bangkit kembali ditengah Pandemi Virus Corona yang saat ini masih terjadi.

“Untuk itu pada kesempatan ini saya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Sukoharjo, kehadiran pasar murah ini hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan belanjalah sesuai dengan kebutuhan jangan berlebihan,” lanjutnya.

Asisten II Pemkab Sukoharjo RM Suseno Wijayanto mengatakan, pasar murah diselenggarakan untuk menjamin ketersediaan barang dan stabilitas harga selama puasa Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Pasar murah diselenggarakan dua hari Sabtu (23/4) dan Minggu (24/4).

Pemkab Sukoharjo sudah menyediakan banyak stand yang ditempati untuk pelaksanaan pasar murah. Berbagai barang kebutuhan pokok dijual seperti beras, minyak goreng, gula pasir dan lainnya. Selain itu juga disediakan penjualan paket sembako murah yang kupon pembeliannya telah didistribusikan sebelumnya.

“Di pasar murah juga disediakan pelayanan vaksinasi virus Corona dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 atau booster,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI