Sambut Lebaran dan Pemudik, RS di Surakarta Siap

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Seluruh Rumah Sakit yang ada di wilayah Surakarta telah siaga menyambut datangnya pemudik pada Lebaran 2017. Dokter dan para medis akan memberikan pelayanan yang baik dan nyaman termasuk bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dalam kondisi siaga juga telah disiapkan tim gerak cepat untuk menghadapi kemungkinan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Jadi kami juga telah siapkan tim gerak cepat untuk menangani KLB. Pada moment lebaran banyak kegiatan silaturrahmi seperti halal bihalal atau reuni. Dalam kegiatan itu kami khawatir adanya KLB seperti keracunan dampak makanan," kata dr Cucuk Heru Kusumo, Sekretaris Asosiasi Dinas Kesehatan Kabupaten/kota di Jawa Tengah di kantor BPJS Kesehatan Solo, Kamis (15/6).

Menurutnya, menu makanan atau minuman yang kurang higienis bisa mengganggu kesehatan. Apalagi sebelumnya melakukan puasa. Jadi pada saat memasuki Lebaran perlu hati-hati. Dinas kesehatan bersama rumah sakit dan puskemas yang ada di kabupaten kota haruz siaga menghadapi pasien termasuk adanya KLB.

Kepala BPJS Kesehatan Solo, dr Agus Purwono MM AAK menyatakan telah mengerahkan seluruh rumah sakit tipe C dan D yang berada di jalur pemudik untuk memberikan layanan yang nyaman. Pihaknya telah menyiapkan mekanisme yang mudah bagi penudik pemegang kartu JKN KIS. Mereka bisa langsung berobat tanpa harus melapor ke kantor BPJS setempat.

"Pemudik dalam kondisi darurat maupun non darurat bisa langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat," ujar dr Agus. Layanan itu berlaku mulai 19 Juni hingga 2 Juli. Kemudahan layanan bagi para pemudik mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan. Bagi peserta mandiri sebelum mudik sebaik melakukan pengecekan terhadap kartunya dalam status aktif.

Dr Benny dari Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia menambahkan rumah sakit swasta tetap buka 24 jam dan pada tanggal merah pelayanan terpusat di IGD. Untuk rawat iniap trlah disiapkan dokter spesialis jaga. (Qom)

 

BERITA REKOMENDASI