Sambut Pemudik, Pengusaha ‘Hidupkan’ Bus Dongkrok

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI (KRjogja.com) – Kalangan pengusaha bus malam cepat antar kota antar provinsi (AKAP) di daerah Wonogiri mulai ancang-ancang menyambut ledakan pemudik. Armada bus yang selama ini 'ndongkrok' lantaran rusak diperbaiki kembali agar bisa beroperasi selama arus mudik maupun arus balik lebaran mendatang.

"Meski prediksi tahun ini (lebaran) relatif sepi ketimbang tahun lalu namun kami tetap bersiap menyambut pemudik, bus yang rusak harus siap tempur," ungkap tokoh pengusaha bus malam di Kabupaten Wonogiri, H Margono, Senin (5/6). 

Pria yang dikenal sebagai pemilik PO Tunggal Dara Putra (TDP) Ngadirojo ini menyebutkan, arus mudik diprediksi akan mulai ramai H-10 atau Sabtu (17/6). Pihaknya dalam sehari merogoh kocek hingga Rp 19 juta lebih untuk 'menghidupkan' 2 bus menghadapi lebaran yang sudah lama tidak beroperasi. Dia berharap, momentum lebaran ini tetap akan meningkatkan jumlah penumpang yang mudik meski peningkatan itu tidak signifkan ketimbang event yang sama lebaran 2016 lalu.

"Tahun ini (musim lebaran) pemerintah menambah angka angkutan lain khususnya KA dan pesawat terbang sehingga kami (bus) banyak yang gulung tikar," tandas Ketua Organda Wonogiri, Edy Purwanto.

Menurut Edy yang juga pemilik PO Sumba Putra Tirtomoyo Wonogiri ini, pihaknya menyiapkan sekitar 10-15 armada AKAP menghadapi keramaian penumpang arus mudik dan balik lebaran 2017. Angka tersebut, kata dia, memang naik ketimbang kondisi armada di hari-hari biasa. 

"Tapi kalau dibanding lebaran tahun lalu ya tetap ramai tahun lalu," papar Ketua Organda Wonogiri sembari menambahkan tahun lalu PO Sumba Putra mengerahkan 20-25 bus jurusan Wonogiri-Jakarta PP menyusul ketatnya 'perebutan' penumpang bus masa libur ldul Fitri 1437 H silam. (Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI