Sangiran Jadi Destinasi Wisata Pilihan

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Wisatawan dari Jateng, Yogyakarta, Jatim, Jabar, dan DKI Jakarta, membanjiri Museum Sangiran, Kecamatan Kalijambe, Sragen selama libur Natal, Sabtu-Senin (23-25/12/2017). Diperkirakan gelombang susulan wisatawan akan kembali terjadi pada akhir pekan ini, Sabtu-Minggu (30-31/12/2017) dan Senin (01/01/2018) mendatang.

Penanggung jawab Objek Wisata Museum Sangiran, Wibowo Endritono, Selasa (26/12) mengatakan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya memang terjadi lonjakan jumlah wisatawan selama libur Natal. "Berdasarkan catatan kami pada Minggu ada 2.500 wisatawan dan hari Senin (libur Natal) juga segitu. Kalau biasanya, hari Minggu paling banter hanya 1.200 pengunjung," ujarnya.

Menurut Wibowo, museum dibuka pada Senin lantaran merupakan hari libur nasional, dan banyak wisatawan yang datang. "Kami perkirakan mulai hari ini (Selasa) hingga Jumat nanti jumlah pengunjung kembali menurun dan akan naik lagi pada akhir pekan ini hingga Senin mendatang saat libur Tahun Baru," jelasnya.

Wibowo menjelaskan, banyaknya wisatawan yang datang dikarenakan barengnya masa libur sekolah dengan libur hari Natal. Masa libur yang bersamaan tersebut membuat keluarga bisa berlibur bersama ke tujuan-tujuan tertentu, termasuk Sangiran.

Kondisi yang sama diyakini Wibowo akan terjadi pada masa libur tahun baru akhir pekan ini. Sebab para pelajar masih dalam masa libur sekolah. "Mudah-mudahan  libur Tahun Baru nanti lebih ramai dari libur Natal kemarin. Apalagi kami tidak ada kenaikan harga tiket," tandasnya.

Harga tiket masuk Museum Sangiran, lanjutnya, dipatok sebesar Rp 5.000 pada hari biasa maupun hari libur. Harga yang dinilai cukup terjangkau sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. "Pengunjung yang datang banyak dari sejumlah wilayah di Jateng, Yogya, Jatim, Jabar, dan Jakarta," tuturnya.

Disinggung mengenai target jumlah pengunjung dan pendapatan tahun 2017, Wibowo menyatakan sebenarnya sudah terpenuhi sebelum masuk masa libur Natal. "Alhamdulillah target tiket sudah terlampaui. Pertengahan bulan ini saja sudah mencapai 105 persen dari target," tambahnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI