Santri Ponpes Al Baru ‘Lawan’ Corona

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Menyusul maraknya kasus Novid 19 atau Corona, ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Barru Bulusulur Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Jumat (20/3) malam, mendapat penyuluhan dari tim medis Puskesmas Wonogiri l. Diharapkan, dengan acara tersebut para santriwan/santriwati Ponpes Al Barru mampu meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai bentuk ‘perlawanan’ terhadap serangan virus Corona.

Ketua Ponpes Al Barru Wonogiri Agung Susanto SE melaporkan, 167 santri bersama pengasuh ponpes sangat butuh penjelasan terkait penyakit yang kini lagi ‘menguncang’ dunia yakni Corona serta Demam Berdarah Dengeu (DBD). Kebetulan, ujar Agung, ada dua santri kami yang belum lama ini suspek DB. “Dengan mendapat sosialisasi dari tim medis di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri maka perilaku PHBS bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari bahkan siap kami kembangkan kepada anggota keluarga masing-masing di rumah,” tutur dia.

Tim medis Puskesmas Wonogiri I Ida Kurniawati SKM minta keluarga besar Ponpes Al Barru Wonogiri baik siswa/siswi maupun para pengasuh tidak panik yang berlebihan dalam menyikapi virus Corona. Disebutkan di Kabupaten Wonogiri dari 25 kecamatan kini sudah ada 10 kecamatan yang pendemi Corona.

“Penyebaran virus Corona memang saat cepat dan mudah namun jika kita rajin mencuci tangan, memperhatikan pola hidup sehat, menjaga lingkungan serta mengurangi aktivitas di tengah keramaian massa maka virus Corona sulit berkembang,” tandas Ida.-(Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI