Satlantas Antisipasi Ugal-ugalan di Tempat Wisata Saat ‘Long Weekend’

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Satlantas Polres Karanganyar menyiapkan sistem one way untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan wisata selama libur 1 Muharam 1441 H hingga akhir pekan ini. Operasi lalu lintas juga dilakukan jelang monentum tersebut.

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Maulana Ozar mengatakan operasi sudah disiapkan dengan menerjunkan 150 personel untuk memburu sepeda motor berknalpot brong. Operasi akan dilakukan menjelang momentum libur nasional dan libur bersama tersebut.

“Terkait dengan banyak komplain dari masyarakat tentang pengendara berknalpot brong. Selain itu kami ingin menciptakan suasana keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas yang nyaman, aman, dan terkendali,” ujarnya kepada KR, Rabu (19/8).

Sterilisasi dari pelanggaran lalu lintas diharapkan memberi kenyamanan masyarakat saat berkunjung ke berbagai area wisata di Karanganyar. Selain itu, aparat kepolisian bermaksud agar perayaaan tahun baru Islam berlangsung khidmat.

Maulana mengatakan operasi knalpot brong yang dilakukan polisi tidak berupa razia di suatu tempat. Operasi dilakukan dengan hunting system untuk menghindari kerumunan karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19.
“Kami mobiling menggunakan roda dua muter-muter Karanganyar. Kalau ada yang memakai knalpot brong kami beri tilang. Motor kami kandangkan sampai pengendara membawa knalpot yang standar,” ujar Maulana.

Berdasarkan data dari Polres Karanganyar, dalam razia yang dilakukan satu bulan terakhir polisi mengeluarkan 1.154 lembar sutrat tilang. Dari 1.154 pengendara yang melanggar, sekitar 220 di antara mereka merupakan pengendara yang mengendarai motor dengan knalpot brong.

BERITA REKOMENDASI