Satlantas Polres Sukoharjo Gencar Sosialisasi Aplikasi PeduliLindungi

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Masyarakat masih banyak ditemukan belum mengunduh aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan aktivitas menggunakan transportasi maupun masuk tempat usaha. Aplikasi tersebut juga sekaligus digunakan untuk mengetahui status seseorang sudah menerima vaksin virus Corona atau belum. Sosialisasi terus digencarkan petugas gabungan di Sukoharjo terkait kepatuhan masyarakat.

“Kebijakan ini masih hal baru dan memang banyak masyarakat belum mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Kami terus melakukan sosialisasi ke masyarakat,” ujar Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Heldan Pramoda Wardhana, Kamis (02/09/2021).

Sosialisasi aplikasi PeduliLindungi dilakukan Satlantas Polres Sukoharjo dengan memasang MMT, stiker, dan leaflet. Pemasangan dilakukan di setiap moda transportasi umum, terminal, pusat perbelanjaan, pengguna jalan dan lainnya.

Sarana sosialiasi juga dilakukan Satlantas Polres Sukoharjo dengan menggunakan media sosial. Penyebarluasan informasi terus dilakukan sebagai bagian sosialisasi dengan harapan masyarakat bisa mengetahui terkait aplikasi PeduliLindungi.

Satlantas Polres Sukoharjo dalam satu hari melakukan sosialisasi dengan turun ke jalan sebanyak dua kali yakni pagi hari dan sore atau malam hari. Petugas yang hadir di lapangan dan bertemu langsung dengan masyarakat diharapkan bisa efektif dalam melakukan sosialisasi aplikasi PeduliLindungi tersebut.

“Aplikasi PeduliLindungi digunakan juga untuk memantau pergerakan warga apakah sudah divaksin virus Corona atau belum. Cara ini juga sebagai bagian dari pencegahan penyebaran virus Corona,” lanjutnya.

Beberapa titik pusat berkumpulnya transportasi umum menjadi salah satu sasaran Satlantas Polres Sukoharjo. Polisi turun di terminal bus untuk memantau langsung penerapan aplikasi PeduliLindungi sekaligus protokol kesehatan.

“Beberapa warga yang masih belum paham langsung mendapat penjelasan dan dibantu petugas terkait penerapan aplikasi PeduliLindungi. Petugas juga terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan,” lanjutnya.

Terkait protokol kesehatan, AKP Heldan mengatakan, petugas masih menyasar penggunaan masker kepada masyarakat khususnya pengguna transportasi. Polisi melakukan operasi yustisi dengan membagikan masker gratis pada warga. Penggunaan masker diharapkan menjadi kesadaran dari diri masyarakat untuk membantu mencegah penyebaran virus Corona.

“Meski sudah menerima vaksin virus Corona dan sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Masyarakat tetap wajib mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI