Satlantas Polres Sukoharjo Tanamkan Disiplin Lalu Lintas Via ‘Police Goes To School’

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Satlantas Polres Sukoharjo gelar kegiatan Police Goes To School. Kegiatan dilakukan dengan mendatangi sekolah dan memberikan sosialisasi dan imbauan tertib berlalulintas sejak dini kepada siswa. Kegiatan digelar di SD Tarakanita Solo Baru, Kecamatan Grogol, Jumat (27/5).

Kasat Lantas Polres Sukoharjo, AKP Heldan Pramoda Wardhana, mengatakan bahwa kegiatan Police Goes To School terus digencarkan Satuan Lalu Lintas Polres Sukoharjo. Kegiatan digelar dengan mendatangi sekolah. Sasaran program ini yakni siswa dengan menanamkan tertib berlalulintas sejak dini.

“Hal ini dilakukan agar dapat memberikan pemahaman kepada pelajar tentang tertib berlalu lintas guna mengantisipasi terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh pelajar,” ujarnya.

Pelaksanaan program Police Goes to School ini berlangsung di sekolah – sekolah di wilayah hukum Polres Sukoharjo dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, dan SMA dengan materi sesuai tingkat sekolah. Satlantas Polres Sukoharjo akan keliling secara bergantian di sekolah.

Seperti yang di lakukan personel Satlantas Polres Sukoharjo kali ini, melaksanakan Polisi Goes To School di SD Tarakanita Solo Baru, Grogol. Beberapa materi diberikan petugas kepada siswa seperti tertib berlalu lintas, pengenalan rambu lalu lintas, memakai helm yang benar, dan juga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Harapannya sosialisasi ini berdampak nyata, agar hal-hal yang tidak diinginkan di jalan raya tidak terjadi,” lanjutnya.

Satlantas Polres Sukoharjo dalam penyampaian materi sosialisasi ini selain dapat dipahami siswa, juga guru dan orang tua. Sebab guru dan orang tua memiliki peran penting membantu anak agar tidak melakukan pelanggaran lalu lintas. Salah satu hal penting bisa dilakukan orang tua dengan tidak membiarkan anak membawa kendaraan bermotor sendiri ke sekolah. Sebab dari sisi umur belum mencukupi ketentuan dan membahayakan apabila dibiarkan berkendara sendiri di jalan raya.

Peran orang tua lainnya yakni dengan mengajarkan dan memberi contoh baik berlalulintas seperti memakai helm berstandar saat mengendarai sepeda motor. Hal sama juga dilakukan di mobil dengan memakai sabuk pengaman.

“Ketika anak-anak sudah dipahamkan tentang berlalulintas harapannya saat dewasa tidak melakukan pelanggaran,” lanjutnya. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI