SDC Butuh Rp1,6 Miliar, Peserta Program Dari Keluarga Petani Tembakau

KARANGANYAR (KR)- Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Karanganyar mendata sebanyak 2.316 pendaftar pelatihan Skill Development Centre (SDC). Dari jumlah tersebut, akan diseleksi sesuai kriteria. Salah satunya dari keluarga petani tembakau.

Kepala Disdagnakerkop UMKM Karanganyar, Martadi mengatakan ketentuan penerima program mengacu aturan Kementrian Keuangan. Sebab, sumber dana program SDC akan diusulkan didanai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Dana yang diusulkannya mencapai Rp1,6 miliar.

“Dana SDC diusulkan dari DBHCHT. Maka terikat aturan Kemenkeu. Penerima bantuan pelatihan dari keluarga petani tembakau atau petani pada umumnya,” kata Martadi kepada wartawan di Karanganyar, Kamis (10/2).

Berdasarkan perhitungannya, per penerima program membutuhkan pembiayaan Rp5 juta. Itu meliputi uang saku, operasional pelatihan dan logistik. Ia sudah menggandeng 11 workplace yang dipusatkan di SMK dan balai latihan kerja. Bidang pelatihannya seperti pembuatan roti dan kue, practical office, desain grafis, pembuatan hiasan busana dengan mesin, menjahit, pengelasan dan servis sepeda motor. Ia juga menjalin komitmen dengan berbagai perusahaan skala lokal, nasional dan mancanegara dalam upaya mempekerjakan para lulusan SDC.

BERITA REKOMENDASI