Sebelum Sungai Mengering, 700 Ribu Bibit Ikan Ditebar

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -Sebanyak 700 ribu bibit ikan bantuan Pemprov Jawa Tengah ditebar ke berbagai lokasi secara bertahap di tahun 2019. Memasuki musim kemarau, penebaran ikan dikebut sebelum sumber air mengering.

"Semoga jika sekarang ditebar, tiga bulan ke depan bisa panen. Sebab diprediksi pada tiga bulan nanti, puncak kemarau. Jadi, tepat kiranya saat embung, sungai atau waduknya kering, bisa langsung dipancing ikannya," kata Asisten Sekda Bidang Ekbangkesra, Siti Maesyaroch kepada KR usai menebar bibit ikan di Kali Samin, Kampung Kerten, Kelurahan Jantiharjo, Kamis (20/6). 

Dari jumlah bibit ikan bantuan Pemprov Jateng itu, sebanyak 220 ribu telah ditebar di Embung Plalar Desa Kaliwuluh, Kebakkramat, 26 Maret lalu. Sisanya ditebar di lokasi tersebar pada Kamis (20/6). Yakni 250 ribu ekor di Waduk Lalung, Jumapolo, dan Kerjo. Jenisnya ikan nila, nilem dan tawes. 
"Harapannya, bisa menambah angka konsumsi ikan," katanya. 

Bupati Karanganyar Juliyatmono melarang pencemaran sungai. Memanen ikan dengan cara meracuni dan menyetrum sangat tidak dianjurkan.  

"Jadi kami berpesan agar masyarakat mampu menjaga sedekah alam ini dengan tidak mencemari sungai dalam bentuk apapun. Saya tegaskan untuk tidak merusaknya,” ujar Juliyatmono. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI