Sebulan Dibangun, Talud Jembatan Ambrol

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Talud jalan di dekat Jembatan Katelan, Kecamatan Tangen, Sragen, ambrol setelah hujan deras mengguyur wilayah setempat, Selasa (27/11/2018). Padahal talud bagian dari proyek pelebaran Jembatan Katelan tersebut belum lama selesai dibangun.

Salah seorang warga Katelan, Sri Wahono menuturkan talut ambrol sepanjang lima meter dan tinggi enam meter. Pekerjaan talud itu dibiayai APBD Sragen 2018 senilai Rp 170 juta. "Kami mempertanyakan kualitas garapan talud yang cepat rusak. Proyek itu baru rampung Oktober 2018 dan hujan sedikit saja sudah ambrol," ujarnya.

Wahono meminta talud segera diperbaiki agar tak semakin parah. Selain itu dikhawatirkan kerusakan talud akan menjalar ke konstruksi bangunan Jembatan Katelan.

"Pengawasan proyek juga perlu dipertanyakan. Bagaimana bisa pengerjaan proyek talud begitu cepat rusak. DPUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Sragen harus cek lokasi dan dilakukan perbaikan," jelasnya.

Kepala Desa (Kades) Katelan, Suparno, mengonfirmasi adanya talud jalan yang ambrol di wilayahnya. Tapi hingga Selasa dia mengaku belum melihat langsung talud tersebut.

"Ada perangkat desa yang tadi laporan. Kami berharap agar kerusakan segera diperbaiki. Selama ini pelaksana kegiatan tidak berkomunikasi dengan Pemdes Katelan," tandasnya.

Sedangkan Kepala DPUPR Sragen, Marija mengaku belum mendapat laporan terkait kerusakan talud di Katelan. Dia menyatakan segera mengirim petugas untuk mengecek talud.

"Akan kami lihat dulu kerusakannya. Tapi kalau memang baru sebulan selesai, berarti masih dalam masa pemeliharaan dan menjadi tanggungjawab pelaksana proyek," tuturnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI