Sedekah Bumi di HUT RI, Warga Tuban Lor Tebar 1 Juta Benih Ikan

KARANGANYAR, KR-Sebanyak 1 juta benih ikan ditebar di sepanjang aliran Sungai Cemoro, Gondangrejo, Minggu (25/8). Warga Tuban Lor, Desa Tuban, Gondangrejo melakukan sedekah bumi tersebut dalam mengisi rangkaian event HUT ke-74 RI. 

"Tebar ikan ini dilakukan secara simbolis di Kedung Trini, aliran Sungai Dimoro. Saking banyaknya benih ikan, ditebar secara menyebar di sepanjang aliran Sungai Cemoro," kata Camat Gindangrejo, Junaidi (26/8). 

Ikan yang ditebar dari swadaya warga Dusun Tuban Lor. Mereka memilih jenis lele dan nila karena paling tahan terhadap kondisi ekstrem seperti pencemaran dan cuaca terik. Ikan-ikan tersebut diprediksi bertahan hidup di aliran sungai tersebut, meski debit airnya berkurang drastis di musim kemarau.

Penebaran ikan di sungai tersebut juga untuk mengembalikan ekosistem sungai yang rusak akibat ulah tak bertanggung jawab. Seperti menyetrum ikan dan penebar racun.  "Jangan lagi mengambil ikan dengan cara setrum dan racun. Dapat mematikan biota dan efeknya berantai. Boleh mengambil ikan dengan memancing saja. Tiga bulan lagi panen," katanya. 

Dia berangan-angan wisata air Sungai Cemoro dapat terwujud apabila ekosistem dijaga. Di beberapa spot, bantaran Sungai Cemoro memiliki daya tarik pemancingan dan melepas lelah. 
"Bisa dijadikan obyek wisata sungai," katanya. 

Seremoni penebara ikan di Kedung Trini dihadiri Komandan Koramil 17/Gondangrejo Kapten Inf Suwarno didampingi Babinsa Desa Tuban Serda Purwandi, perangkat desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Tebar ikan menyambut HUT ke 74 RI dilanjutkan jalan sehat.

Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Karanganyar, Siti Maesyaroch mengapresiasi swadaya masyarakat menebar ikan di Dusun Tuban Lor. Bantuan pemerintah sebanyak 700 ribu bibit ikan, kini telah habis ditebar di sejumlah lokasi. 

"Bibit ikan bantuan pemerintah sudah habis. Jadi kalau masyarakat berswadaya menebar bibit ikan, kami sangat berterima kasih. Konsepnya meningkatkan konsumsi ikan dan menjaga lingkungan," katanya. (Lim

BERITA REKOMENDASI