Sejahrawan: KRMH Roy Kandidat Mangkunegoro Dinilai Paling Pengalaman Kepemimpinan dan Minim Kontroversi

SOLO, KRJOGJA.com – Dari tiga kandidat Mangkunegoro X yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan cucu Raja Mangkunegara VIII yakni KRMH H Roy Rahajasa Yamin. Yang terakhir yakni KRMH H Roy Rahajasa Yamin dinilai memiliki kelebihan nilai positif dibanding kandidat lain.

Pengamat Sejarah, Raden Surojo dan KRTH Hartono Wicitrokusumo, Ketua Yayasan Tridarmo Mangkunegaran kepada wartawan secara terpisah Minggu (28/11/2021) mengatakan sebagai pimpinan adat budaya sekaligus panutan bagi segenap kerabat Mangkunegaran yang didirikan melalui peperangan panjang Pangeran Sambernyowo didukung Punggawa Baku Kawan Doso melawan penjajah.

“Figur Mangkunegoro X haruslah yang terbaik. Berwibawa, bisa ngayomi kawula, punya kemampuan manajerial dan itu nampaknya hanya pada Kanjeng Roy Rahajasa,” papar Pengamat Sejarah, Raden Surojo dan KRTH Hartono Wicitrokusumo.

Raden Surojo dan KRTH Hartono Wicitrokusumo, Ketua Yayasan Tridarmo Mangkunegaran kepada wartawan secara terpisah Minggu (28/11/2021) mengatakan sesuai sejarah Mataram Islam yang melahirkann konsep catur sagotra (Kraton Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Pura Paku Alam dan Pura Mangkunegaran-red).

“Ingkang jumeneng nata atau raja juga secara moral oleh Wali Sanga diberi gelar Sayidin Panata Gama atau raja pemimpin negara juga menata agama. Ini sejarah jangan diingkari,”ujar Ir Hartono.

Sementara Raden Surojo dan Hartono  menyatakan  raja yang jumeneng juga memiliki nilai positip kalau didampingi istri yang selalu memberi suport kepada suaminya yang tengah berada dalam pusaran kekuasaan baik fisik maupun spiritual.

“Peran istri atau nanti prameswari sangat penting dalam sejarah kerajaan di Jawa,” ujar Surojo dan Hartono.

BERITA REKOMENDASI