Sejumah Rektor Luar Negeri Siap Hadiri Dies Natalis UNS

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Sejumah rektor dari luar negeri telah menyatakan diri siap menghadiri Dies Natalis 44 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, 11 Maret mendatang. Dalam puncak peringatan ulang tahun 2020 ini akan diserahkan UNS Award kepada Prof Dr KH Ma’ruf Amin, Wakil Presiden RI.

Para tamu dari dari luar negeri itu terkesan tidak kawatir dengan merebaknya virus Korona. “Untuk mengantisipasi penyebaran virus Korona, UNS telah berkoodinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia,” jelas Rektor UNS, Prof Dr Jamal Wiwoho, Senin (17/02/2020).

Apakah para tamu akan diperiksa layaknya penumpang luar negeri yang masuk ke Indonesia, ia belum sampai pada persiapan itu. “Tapi kami sudah sampaikan ke Kemenkes dan Menkes support sekaligus mengapresiasi kegiatan UNS. Kami sudah diskusi dengan Menkes terkait situasi ini supaya lebih baik,” katanya.

Menurut Prof Jamal, beberapa universitas mitra di luar negeri sudah mengirim surat kesediaan hadir dalam Dies Natalis. Diantatanya Perancis, Jepang, Timor Leste dan Malaysia. Ia optimis para rektor tidak akan membatalkan kehadirannya.

Disebutkan, sebelum wabah korona merebak di Tiongkok, rektor dan jajaran pimpinan Xihua University berencana datang. Bahkan mereka akan membawa delapan penari untuk mengisi acara Dies Natalis. Tapi karena ada musibah ini, Xihua University sudah mengirim surat tidak akan hadir.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendapat penghargaan di bidang ekonomi syariah. Penghargaan juga diberikan kepada si Walang Kekek Waljinah di bidang seni. (Qom)

BERITA TERKAIT