Sejumlah Atlet Bolavoli dan Gantole Jalani Tes Fisik

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Menghadapi PON XX Papua, atlet tim bolavoli dan Gantole Jawa Tengah menjalani latihan fisik di Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Manahan Solo, Sabtu (20/03/2021). Mereka terlihat semangat dalam mengikuti semua tahapan tes yang diberikan baik di indoor maupun luar gedung.

Di bawah pengawasan Dekan FKOR Dr Sapta Kunta Purnama,14 atlet bolavoli dan 5 atlet gantole mengikuti serangkaian tes terdiri empat materi tes antropometri dan tujuh materi tes pengukuran fisik.
Pada tes antropometri, seluruh atlet diukur tinggi badan, berat badan, rentang lengan dan tinggi duduk.

“Sedangkan pada tes fisik diukur kemampuan power otot tungkai melalui vertical jump, kelincahan, quadrant test, daya tahan, dan sebagainya,” jelas Kunta.

Dengan tes itu akan diketahui kesiapan atlet menghadapi PON mendatang. Apakah perlu peningkatan fisik atau tidak.

Menurut Kunta, unruk menilai hasil tes pihaknya memiliki tolok ukur/pembanding sesuai dengan kualitas atlet-atlet nasional di PPLP Ragunan. Jika atlet berhasil mendekati tolok ukur itu berarti bagus. Hasilnya ia akan berkoordinasi dengan tim pelatih untuk mengevaluasi kondisi masing-masing atlet.

Jika dinilai masih ada yang kurang, maka latihan fisik akan ditambah intensitasnya sesuai dengan hasil evaluasi. Sebelum mengikui serangkaian latihan fisik, para atlet bolavoli putri dan gantole harus melakukan pemanasan di halaman gedung FKOR UNS. Pemanasan diperlukan, agar para atlet mampu mengeluarkan kemampuan fisik terbaiknya. (Qom)

BERITA REKOMENDASI