Sekolah Sragen Kekurangan Guru PNS

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN (KRjogja.com) – Jumlah guru di Kabupaten Sragen yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) masih minim untuk semua jenjang pendidikan. Tidak hanya guru kelas, kekurangan tenaga pendidik juga terjadi untuk guru olahraga dan guru agama.

Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) Sragen Turdiyanto kepada wartawan Selasa (09/08/2016) mengatakan, pihaknya saat ini terus mematakan jumlah guru yang ada di Sragen. Kendati jumlah guru PNS terus berkurang, namun tidak sampai terjadi kekurangan guru, karena sejumlah sekolah menggunakan jasa guru tidak tetap (GTT).

"Memang fakta di lapangan tidak ada kekurangan, hanya status gurunya yang berbeda. Ada PNS dan wiyata bakti," ujarnya.

Menurut Turdiyanto, jumlah kekurangan guru PNS memang terus bertambah karena tidak diimbangi dengan perekrutan guru baru selama beberapa tahun terakhir. Saat ini rasio guru SD PNS di setiap SD negeri hanya berkisar tiga sampai lima guru untuk setiap sekolah. Padahal idealnya setiap sekolah memiliki 6-7 guru PNS.

Pihaknya tidak bisa berbuat banyak dengan kekurangan tenaga guru PNS ini karena perekrutan dan pengangkatan menjadi wewenang penuh pemerintah pusat. Meski demikian pihak sekolah berusaha mengoptimalkan potensi yang ada seperti rangkap posisi di sekolah.

Berdasarkan pemetaan data terakhir 2015, untuk tingkat sekolah dasar (SD), kebutuhan guru kelas sebanyak 3.501 orang dan guru PNS tersedia sebanyak 2.679 orang. Kekurangan diambil dari GTT yakni sebanyak 822 guru. Sedangkan untuk guru olah raga membutuhkan 489 guru, namun baru tersedia 218 yang berstatus PNS. Sedangkan GTT ada 171 guru. Sementara untuk guru agama Islam, kebutuhan ada 406 tersedia 216 dan menggunakan tenaga GTT sejumlah 171 guru.

Sedangkan SMP negeri kurang 22 guru agama, 7 guru bahasa Jawa/muatan lokal, 8 guru bimbingan konseling. Total guru di SMP Negeri ada 1.451, Guru Tidak Tetap (GTT) sejumlah 295. Untuk SMA Negeri kekurangan 8 guru agama, 6 Guru bahasa Jawa/muatan lokal, dan 7 guru bimbingan konseling. Total Guru SMA di sekolah negeri ada 407 guru, GTT sejumlah 114 guru. (Sam)

BERITA REKOMENDASI