Sektor Pariwisata Bersiap Terima Kembali Wisatawan

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN, KRJOGJA.com – Sektor pariwisata yang terpuruk karena pandemi Covid-19 sudah saatnya bangkit kembali. Sejumlah tempat wisata yang selama enam bulan terakhir tutup diminta untuk buka kembali, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti saat pencanangan Gerakan BISA (Bersih, Indah, Rapi, Aman) di Museum Sangiran, Kalijambe, Sragen, Selasa (4/8). Gerakan yang dicanangkan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini adalah gerakan kebersihan, keindahan, kesehatan dan keamanan di destinasi pariwisata untuk mengangkat kembali pariwisata yang terpuruk akibat pandemi Covid.

“Sudah cukup waktu enam bulan kita mengenali bagaimana melawan pandemi Covid 19. Salah satu hal yang menggerakkan ekonomi mikro kita terutama UMKM adalah pariwisata. Dimana kalau pariwisata digerakkan, efek karambolnya akan kemana-mana,” ujarnya.

Menurut Agustina, setelah enam bulan mengalami pandemi Covid 19 dan hanya berdiam di rumah, mestinya sudah menjadi pembelajaran bagaimana menyiasatinya. Seperti yang beberapa kali diungkapkan Presiden Jokowi, bagaimana kita bisa berdamai dan hidup berdampingan dengan Corona. “Terpenting, bagaimana kita tetap beraktivitas namun dengan mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Salah satu upaya menggerakkan kembali sektor pariwisata, jelas Agustina, dengan Gerakan BISA yang inisiasinya muncul dari ruang sidang Komisi X dengan Menteri Parekraf beberapa waktu lalu. “Intinya bagaimana menolong warga yang menggantungkan hidup dari sektor pariwisata, baik yang terlibat secara langsung atau dari efek karambolnya destinasi wisata. Cara lain yang dilakukan adalah menggelar pertunjukan-pertunjukan virtual, utamanya untuk mengangkat sumber daya manusia yang mencari hidup dari dunia pariwisata,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI