Selamatkan Kambing, Sunaryo Tewas Tenggelam di Dam Colo

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sunaryo (60) warga Dukuh Pengkol RT 3 RW 1 Desa Pengkol, Kecamatan Nguter tewas tenggelam di saluran irigasi Dam Colo, Nguter. Korban kehilangan nyawa setelah berusaha menyelamatkan satu ekor kambing yang jatuh ke saluran saat digembala. Warga sempat menolong namun tidak berhasil.

Camat Nguter Sumarno, Rabu (19/2) mengatakan, kronologis kejadian bermula saat korban Sunaryo seperti biasa menggembala kambing di tanggul saluran irigasi Dam Colo, Nguter. Saat menggembala tersebut salah satu kambing terpeleset dan masuk ke dalam saluran irigasi. Melihat itu korban langsung terjun ke saluran irigasi untuk menyelamatkan kambing miliknya.

Petaka datang karena korban tidak bisa berenang langsung tenggelam ke air di saluran irigasi. Warga yang melihat hal tersebut langsung berusaha memberikan pertolongan. Usaha tersebut berhasil dilakukan setelah warga menarik tubuh korban ke darat keluar dari saluran irigasi.

Namun saat akan dilakukan pertolongan lanjutan ternyata korban sudah meninggal dunia. Kejadian tersebut kemudian dilaporkan pada petugas. Selang tidak lama petugas datang dan melakukan pemeriksaan terhadap korban.

“Usai diperiksa jenazah korban langsung diserahkan petugas pada pihak kelurga untuk segera dimakamkan,” ujarnya.

Pihak Kecamatan Nguter meminta pada warga untuk waspada saat melakukan aktifitas disekitar saluran irigasi Dam Colo. Sebab kondisi air debitnya tinggi dan arusnya deras. Kondisi membahayakan tersebut harus dihindari agar tidak muncul korban lagi.

Kondisi semakin berbahaya karena sangat minim pengaman disepanjang saluran irigasi di Dam Colo, Nguter. Terlebih lagi saat musim hujan seperti sekarang dimana di lokasi kondisinya licin.

“Rawan terpeleset dan apabila tidak bisa berenang maka sangat berbahaya dan dilarang terjun ke air di saluran irigasi Dam Colo, Nguter,” lanjutnya.

Plh Kapolsek Nguter Iptu S Winardi mengatakan, korban awalnya berencana menyelamatkan kambing miliknya yang tercebur ke saluran irigasi Dam Colo saat digembala. Namun usahanya membawa petaka dan korban tenggelam.

“Pencarian tubuh korban di saluran irigasi Dam Colo dilakukan warga bersama petugas dan sudah dilakukan pemeriksaan medis,” ujarnya. (Mam)

BERITA TERKAIT