Sepeda Motor Pemudik Tiba Di Terminal Tirtonadi

SOLO, KRJOGJA.com – Ratusan sepeda motor pemudik yang diangkut menggunakan truk dalam program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mulai membanjiri Terinal Bus Tirtonadi, Rabu (21/06/2017) dini hari. Sedangkan pemilik sepeda motor, dijadwalkan baru tiba di Solo secara bergelombang mulai Kamis (22/6) menggunakan armada bus. Aktivitas mudik di Terminal Tirtonadi, hingga H-5, relatif masih lengang.

Kepala Terminal Bus Tirtonadi, Eko Susanto, menjawab wartawan, di sela memantau kedatangan ratusan sepeda motor pemudik, Rabu (21/06/2017) mengungkapkan, jumlah peserta mudik gratis atas inisiasi kemenhub dengasn tujuan Solo dan sekitarnya, terdata sebanyak 1.705 orang, diberangkatkan menggunakan 85 armada bus. Setiba di Terminal Bus Tirtonadi, pemudik akan diistirahakan sejenak di rest area sembari mengurus pengambilan kendaraan, sebelum melanjutkan perjalanan ke kampung halaman menggunakan sepeda motor masing-masing.

"Dari Terminal Bus Tirtonadi, setiap sepeda motor dibekali bahan bakar sebanyak 1 liter, dengan perhitungan mencukupi untuk menjangkau Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU)," ungkap Eko.

Eko menjelaskan saat dikirim dari Jakarta, tangki bahan bakar memang dikosongkan, guna menghindari hal-hal tak diinginkan. Sejauh ini, proses pengiriman dan penurunan sepeda motor di Terminal Bus Tirtonadi, berjalan lancar.

Eko menambahkan saat kembali ke kota perantauan usai Lebaran nanti, mereka juga difasilitasi dengan pola sama saat malakukan mudik. Sepeda motor pemudik akan diangkut menggunakan truk ke kota tujuan masing-masing, sedangkan pemilik diberangkatkan menggunakan armada bus. 

"Sepeda motor akan diberangatkan dari Terminal Bus Tirtonadi pada Jumat (30/6), sedangkan pemilik diberangkatkan pada Sabtu (1/7)," jelasnya sembari menyebut, namun mereka diwajibkan melakukan daftar ulang. (Hut)

BERITA REKOMENDASI