Seribuan Pemudik Sudah Masuk Sukoharjo

Editor: KRjogja/Gus

Budi Santoso memperkirakan angka akumulasi pemudik yang sudah masuk wilayah Sukoharjo di masing masing desa, kelurahan dan kecamatan berbeda. Sebab pergerakan pemudik juga dipengaruhi salah satunya jumlah penduduk di masing masing wilayah serta pergerakan aktivitas kerja merantau ke luar daerah.

Pemkab Sukoharjo berharap data angka pemudik bisa segera diketahui dalam waktu dekat. Pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan diminta secepatnya menyampaikan laporan perkembangan akumulasi pemudik.

“Masih proses ditingkat desa, kelurahan dan kecamatan. Data jumlah pemudik yang sudah masuk wilayah Sukoharjo sangat diperlukan ditengah kebijakan pemerintah menerapkan larangan mudik Lebaran. Jangan sampai terjadi ledakan kasus positif virus Corona,” ujarnya.

Pemkab Sukoharjo sendiri sudah meminta pada pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan melakukan pendataan pemudik di wilayahnya masing masing. Dalam proses pendataan tersebut juga melibatkan pengurus RT dan RW. Budi Santoso mengatakan, dari data nanti akan bisa diketahui tidak hanya berkaitan dengan angka pemudik saja, namun juga kepatuhan berkaitan dengan kebijakan larangan mudik Lebaran dari pemerintah pusat. Data juga akan dipakai sebagai pembanding kejadian serupa tahun 2020 dan tahun 2021.

“Seharusnya jumlah pemudik menurun tahun ini karena ketatnya pengawasan dari pemerintah pusat. Tapi tetap kami lihat di lapangan seperti apa sambil menunggu data dari pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI