Sertijab Bupati Sukoharjo, Etik Suryani Pidato Perdana Visi Misi dan Program Unggulan

Editor: KRjogja/Gus

Etik Suryani melanjutkan dalam pidato perdana dalam rapat paripurna di DPRD Sukoharjo, guna mencapai visi dan misi tersebut dilaksanakan program unggulan. Ada 12 program unggulan akan dijalankan selama pemerintahan lima tahun kedepan. Pertama, reformasi birokrasi yang dinamis berbasis teknologi informasi dan sistem layanan terintegrasi, Kedua, penguatan kapasitas desa dan kelurahan, Ketiga, pemberian bantuan sarana dan prasarana kepada kader pembangunan daerah, Keempat, pemberian sarana dan prasarana keagamaan, Kelima, penerapan pendidikan bagi semua yang terjangkau, Keenam, penguatan sistem kesehatan dan penanganan pandemi virus Corona, Ketujuh, jaringan pengaman sosial pasca pandemi virus Corona, Kedelapan, pengembangan keolahragaan dan pengembangan generasi muda, Kesembilan, penguatan dan pemulihan ekonomi pasca pandemi virus Corona, Kesepuluh, penguatan produksi pertanian, Kesebelas, pengembangan pariwisata berbasis ekonomi kreatif, Keduabelas, penguatan intrastruktur daerah.

Sebagaimana diatur pada pasal 148 Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 ayat 1 bahwa DPRD kabupaten kota merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah kabupaten kota yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah kabupaten kota. “Hakikat politik dan konstitusi DPRD dan kepala daerah bertanggungjawab sepenuhnya dalam mencapai tujuan visi dan misi yang akan kita sepakati bersama sesuai dengan kewenangan masing masing. Secara teknis, visi dan misi tersebut akan dirumuskan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah,” ujarnya.

Etik Suryani melanjutkan, kepala daerah dan DPRD adalah mitra sejati dalam penyelenggaraan pemerintahan. Untuk itu, hubungan yang telah terjalin harmonis selama ini haruslah diperkuat. Termasuk didalamnya hubungan bersama Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, pers, dan elemen masyarakat lainnya.

“Saat ini masih pandemi virus Corona tentunya menjadi pekerjaan rumah kita bersama dengan melakukan upaya konkrit mengatasi masalah. Pemerintah saat ini sedang menjalankan program vaksinasi dengan sasaran seluruh masyarakat secara bertahap,” lanjutnya.(Mam)

BERITA REKOMENDASI