Setelah Gowa Usai, Ganti Klaster Pemudik ‘Eksis’ di Karanganyar

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Klaster pemudik mulai menunjukkan eksistentinya di masa New Normal pandemi Covid-19 di Kabupaten Karanganyar. Tercatat, dua perantau asal Provinsi Jawa Timur yang pulang ke kampung halamannya di Karanganyar terkonfirmasi positif Corona.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar, Juliyatmono mengatakan saat ini tercatat lima pasien positif masih dirawat di RS di Karanganyar dan Solo. Dua diantaranya merupakan pemudik, dua lagi lanjut usia dengan penyakit bawaan sedangkan satu lagi diduga tertular dari transmisi lokal.

“Kita ingatkan semuanya. Pemudik kurang terpantau sehingga mengarah ke klaster baru penyebaran Covid-19. Setelah lebaran, ternyata mucul klaster baru ini setelah klaster Gowa,” kata Juliyatmono kepada wartawan di rumah dinas bupati Karanganyar, Jumat (26/6/2020).

Ia mengakui di masa tatanan normal baru, penyekatan pemudik memang sudah dilonggarkan. Tidak ada lagi yang dicegat atau disuruh putar balik seperti ketika arus mudik lebaran. Meski demikian, petugas di posko di perbatasan tetap diminta mengingatkan pengguna jalan supaya mengenakan masker.

BERITA REKOMENDASI